17 Tips Ampuh Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol


17 tips ampuh menjadi pengusaha sukses dari nol
17 tips ampuh menjadi pengusaha sukses dari nol

Siapa yang tidak ingin menjadi orang sukses, memiliki banyak waktu untuk keluarga, memiliki banyak waktu dan sumber daya untuk beribadah, entah itu pergi ke panti asuhan, yayasan kanker dan yayasan peduli lainnya. Berikut 17 tips ampuh menjadi pengusaha sukses dari nol.

Sebagian besar dari kita pasti memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses, sayangnya hanya sebagian kecil dari kita saja yang dapat menjalani mimpi tersebut.

Kira-kira ada apa dan kenapa itu bisa terjadi, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah apa yang seperti kita bayangkan, sebagai pengusaha kita harus memiliki mental sekuat baja dan pandangan yang luas, terakhir ada hal-hal penting yang harus dipersiapkan secara matang sebelum menjadi pengusaha atau pebisnis sukses.


1. Mantapkan dirimu sekali lagi

Mulailah untuk meyakinkan diri dan memantapkan hati Anda sebelum memutuskan sebuah pilihan. Apabila masih memiliki keraguan untuk memulainya jangan dulu, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan, tidak memiliki arah mau dibawa kemana bisnis itu, Alih-alih usaha yang Anda bangun justru berhenti ditengah jalan, sudah banyak contoh seperti itu.

Memang benar jika ada yang bilang “tidak akan mencicipi kesuksesan jika belum pernah mencicipi kegagalan.” Tapi orang-orang yang gagal tersebut sudah yakin dan mantap pada dirinya, jadi mereka sudah memiliki bekal dan mental sekuat baja. Oleh karena itu mantapkan dan yakinkan dirimu sekali lagi.

2. Pilih model usaha yang akan dijalani

Pilih model usaha yang akan Anda jalani, dan cari tahu informasi tren bisnis apa yang sedang berkembang.

3. Pilih Niche

Jika Anda sudah memilih model usaha, maka satu hal ini sangat penting Anda ketahui supaya nanti bisnis Anda bisa terarah.

Sebut mudah saja, Niche itu topik besar model bisnis Anda. Contoh. Jika Anda memilih model bisnis tentang Olahraga, maka itu topik besar Anda, produk atau jasa turunannya pasti ada, seperti menjual alat olah raga, suplemen, dan produk pelangsing. Dari sini Anda pasti tau target pasar Anda untuk siapa.

4. Inovatif dan kreatif

Tidak ada ceritanya pebisnis sukses itu tidak kreatif dan inovatif, mereka punya segudang inspirasi di kepala mereka, maka dari itu Anda harus berpikir kreatif. Bisnis Kopi misalnya, Anda harus melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya akan menjadi solusi kaum urban.


Menyulap kopi take away dan go online, tentu ini solusi kaum urban yang tidak perlu mengantri atau masuk kedai untuk memesan cukup dari jendela lalu berangkat kerja.

5. Visi, misi yang jelas

Hal ini sangat penting, Visi dan Misi ini adalah akar dari bisnis Anda, dari visi dan misi sudah bisa terbaca untuk apa dan siapa bisnis itu dibangun.

6. Organisir diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur sebuah bisnis. Sederhananya, Jika Anda tidak bisa mengorganisir diri Anda, lalu bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda.

7. Siapkan buku catatan kecil

Kenapa harus buku catatan, kan ada catatan di hp. Pilih salah satunya Anda lebih nyaman yang mana note di hp atau manual tulis tangan di note. Alasannya, dengan cara menulis ide-ide atau catatan kecil dengan pena di atas buku meningkatkan dan melatih kreativitas.

Baca juga ini adalah Kunci Kesuksesan Lakukan Hal ini

Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda.

8. Fokus

Cukup fokus di satu bisnis dulu, jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua, pastikan dahulu bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya

9. Siapkan nyali

Jangan mudah putus asa, menyerah di tengah jalan, sebagai pengusaha kita harus siap menghadapi segala kemungkinan terburuk yang akan datang.

10. Evaluasi diri

Salah satu sifat yang harus dimiliki pengusaha adalah selalu terbuka dan tidak mudah tersinggung ketika ada kritikan, rahasia kesuksesan ada dengan proses belajar. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain.


Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

11. Terus belajar dan jangan cepat puas

Stay hungry Stay foolish, pernah dengan kata-kata itu kan? Itu ada buku yang ditulis oleh pendiri Appel Steve Jobs. Setiap perjalanan bisnis pasti ada naik dan turun, saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas awan, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu bertanya kepada pengusaha senior.

12. Pilih bisnis yang Anda sukai

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat seseorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

13. Pilih bisnis yang Anda kuasai

Jika Anda paham dengan produk yang Anda jual pasti Anda merasa percaya diri untuk menjualnya. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga Ide Bisnis dari 3D Printer

Bicara bisnis tentu bicara tentang keuntungan. Ada kalanya yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus pada yang Anda sukai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam bisnis Anda.

14. Lihat peluang bisnis

Baca juga 5 peluang bisnis modal kecil yang menguntungkan

Jangan spekulasi dulu ke bisnis yang peluangnya kurang. Anda harus jeli melakukan riset pasar. Pastikan jika Anda sudah memilih model bisnis Anda harus melirik peluang bisnisnya seperti apa. Hal ini penting untuk masa depan bisnis Anda.

15. Tentukan Target Pasar

Sebelumnya sudah dibahas mengenai niche, jika Anda sudah tau niche apa yang akan Anda pilih maka anda harus tau target pasarnya. Meskipun Anda memiliki produk/jasa yang bagus namun tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk/jasa akan terhambat mengalami kesulitan.


16. Siapkan modal untuk usaha

Soal modal, pastikan apakah modal dalam bisnis Anda berasal dari dana pribadi atau dari patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas ya, ada hitam di atas putih.

17. Pastikan Anda memiliki dana ekstra

Pertimbangkan baik-baik. Sebelum spekulasi terjun kedunia usaha, pastikan Anda memiliki dana cadangan.

Ini perlu diperhitungkan secara matang-matang, karena membuka usaha, di bulan pertama sampai bulan ke enam belum tentu menguntungkan. Anda harus punya dana ekstra selama 6 bulan atau untuk biaya hidup selama 6 bulan.

Untuk mengambil jarak aman, pastikan modal usaha itu terhitung juga biaya oprasional sampai 6 bulan, jangan hanya menghitung modal untuk bulan pertama saja, ini yang sering fatal. Ketika bulan pertama belum bisa memenuhi target, bulan kedua pakai uang ekstra tadi. pastikan dana pribadi dan modal usaha tidak tercampur ya…

Semoga artikel ini bermanfaat

Terima kasih


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page