4 EMPAT STRATEGI MELUNASI HUTANG


4 Empat Strategi Melunasi Hutang
4 Empat Strategi Melunasi Hutang

4 Strategi melunasi hutang. Kebanyakan orang akhir-akhir ini berjuang dengan hutang. Mungkin Anda harus melunasi cicilan rumah, kendaran, cicilan kartu kredit, atau mungkin Anda memiliki banyak hutang terkait bisnis?

Lalu Anda mencari cara untuk melunasi hutang, ini sangat melelahkan dan tidak membawa perubahan terhadap hutang Anda.

Tapi perubahan itu terjadi jika Anda melakukan sebuah tindakan.


Untuk mendapatkan jalan yang benar dan menjadi bebas hutang sesegera mungkin, Anda perlu memahami Hutang Anda terlebih dahulu. Setiap strategi penanganan hutang perlu terlebih dahulu menyeimbangkan yang baik dan yang buruk.

Pinjaman yang Anda ambil untuk melakukan investasi, seperti dalam bisnis atau properti, termasuk dengan jenis hutang yang baik. Artinya hutang Anda akan terbayar pada waktunya, dan Anda kemungkinan akan mendapatkan untung darinya.

Namun, jika Anda tidak dapat membayar hutang Anda dan Anda menambah hutang lebih dari kemampuan yang dapat Anda bayar, itu hutang yang buruk. Ini bisa melemahkan keuangan Anda. Tetapi bahkan dalam situasi ini, Anda dapat memikirkan hutang sebagai semacam leverage.

Ada pertanyaan penting: bagaimana Anda tahu apakah hutang Anda akan baik dan buruk? Setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat membuat startegi untuk melunasi semuanya.

Baca Juga Tips atur keuangan di masa pandemi

Jika Anda ingin memahami hutang Anda dan mencari tahu tentang beberapa startegi untuk menyingkirkannya, baca terus.

Hutang yang Baik

Menggunakan pinjaman untuk berinvestasi dalam suatu yang akan membuat Anda lebih sukses berarti Anda berurusan dengan hutang yang baik. Hutang ini bagus karena setelah lunas, Anda akan lebih sukses dan kaya.


Hutang yang baik membawa bisnis atau karir Anda ke tingkat berikutnya. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Pinjaman bisnis dari bank untuk membeli peralatan baru untuk bisnis Anda
  • Pinjaman untuk mempekerjakan lebih banyak karyawan
  • Hipotek untuk berinvestasi di beberapa properti
  • Pinjaman mahasiswa dari pemerintah untuk meningkatkan keterampilan Anda

Dalam setiap kasus, orang yang meminjam uang menggunakannya untuk beberapa jenis kemajuan. Pengusaha mengambil rencana pinjaman bisnis untuk menhasilkan pendapatan bisnis dengan mendapatkan peralatan baru atau memperkejakan lebih banyak staf. Peningkatan pendapatan dan laba akan membantu melunasi pinjaman.

Orang yang berinvestasi di properti akan menghasilkan uang jika dia mampu menjualnya untuk keuntungan.

Mahasiswa menggunakan pinjaman untuk mengambil beberapa kelas dan mendapatkan keterampilan yang akan menambah nilai pasar dan meningkatkan pendapatannya. Singkatnya, setiap pinjaman yang membantu seseorang menghasilkan lebih banyak pendapatan dianggap sebagai hutang yang baik.

Hutang Buruk

Hutang yang buruk adalah kebalikannya. Jika Anda menyadari diri dalam hutang yang buruk, berarti Anda telah meminjam uang yang tidak dapat Anda kembalikan, atau Anda secara finansial lebih buruk setelah itu.

Pengusaha mungkin mendapatkan pinjaman bank untuk membeli peralatan, tetapi mungkin jenis pinjaman yang salah atau jenis peralatan yang salah pada akhirnya tidak meningkatkan bisnis Anda. Pemilik bisnis mungkin mendapatkan pinjaman untuk memperbanyak tenaga kerja mereka, tetapi jika karyawan tidak cocok untuk pekerjaan itu, bisnis ini merugi.

Pinjaman mobil, pinjaman gajian, dan hutang kartu kredit adalah contoh hutang yang buruk. Dan segala jenis hutang untuk konsumsi pribadi atau kesenangan itu adalah buruk. Pinjaman ini tidak menghasilkan uang, tetapi mereka membuat Anda lebih miskin.

Hampir setiap jutawan dan miliarder di dunia menggunakan hutang atau leverage dalam beberapa bentuk. Banyak dari mereka dimulai dari mendapatkan hutang yang buruk.


Jika Anda menyadari bahwa Anda berada di bawah tumpukan hutang yang buruk, jangan panik.

Ada cara untuk membayar sebagian besar dari itu dan mengubahnya menjadi hutang yang baik dengan cepat.

Jika Anda ingin menemukan strategi yang membantu Anda keluar dari hutang buruk lebih cepat, baca terus.

1.Penghasilan

4 Empat Strategi Melunasi Hutang
Penghasilan/pekerjaan

Sekarang kita jelas pada apa yang baik dan buruk, kita harus berbicara tentang pendapatan. Sebelum Anda dapat menyusun strategi tentang melunasi hutang Anda, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang keuangan Anda dan pendapatan yang dapat Anda hasilkan setiap bulan.

Jadi ke penghasilan Anda sekarang, berapa lama waktu yang dibutuhkan Anda untuk melunasi hutang Anda? Tiga bulan, atau 15 tahun? Bagaimana Anda akan melunasi semua itu?

Bagi kebanyakan orang, bebas hutang tanpa mencari penghasilan lain itu tidak mungkin, sehingga mereka mencari penghasilan tambahan. Apakah Anda memiliki pekerjaan atau memiliki bisnis, mencari penghasilan tambahan atau sampingan merupakan ide yang baik.

Penhasilan tambahan ini akan memungkinkan Anda untuk melunasi hutang lebih cepat. Misalnya, membuka jasa guru privat, jasa content writing. Hal ini dapat menghasilkan uang tambahan di samping melakukan pekerjaan utama Anda.


Copy atau content writing ini adalah keterampilan berpenghasilan tinggi. Temukan keterampilan fleksibel seperti itu jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dan melunasi hutang Anda lebih cepat.

2.Kurangi Pengeluaran Anda

4 empat strategi melunasi hutang
Ilustrasi transaki menggunakan kartu kredit

Melunasi hutang Anda dengan cepat adalah tentang menempatkan lebih banyak uang Anda ke arah pinjaman. Inilah sebabnya mengapa menganalisis anggaran Anda secara kritis adalah langkah kunci.

Apakah ada pengeluaran tertentu yang dapat Anda kurangi? Dapatkah Anda mengurangi pengeluaran keseluruhan?

Jika Anda ingin berhenti beternak hutang, mungkin jadi lebih baik jika Anda menguragi belanja dengan sistem cicilan atau kartu kredit. Hilangkan godaan untuk menghabiskan uang.

Mungkin akan baik jika Anda dapat menguragi pengeluaran Anda. Dan disiplin dalam mematuhi aturan yang Anda buat sendiri, ini semua dapat membuat perbedaan dalam jangka panjang.

3.Buat Rencana Anggaran

4 empat strategi melunasi hutang
ilustrasi membuat rencana anggaran

Sebelum mengambil langkah konkret. Anda perlu mengetahui seperti apa anggaran Anda.

Apakah Anda tau total keseluruhan hutang Anda, dan biaya pengeluaran Anda? Anda bisa mulai dengan mencantumkan semua hutang Anda saat ini misalnya:


  • Kartu kredi Rp. 10.179.183
  • Kredit mobil Rp. 254.289.155

Lebih spesifik, jangan membulatkan angka apapun. Ketika Anda membulatkan angka, hutang mungkin terasa lebih besar dan lebih luar biasa dalam pikiran Anda. Setelah Anda membuat daftar ini, hal-hal mungkin sebenarnya tidak seburuk yang Anda pikirkan.

Sekarang, Anda dapat melihat apa yang Anda hadapi. Dapatkah Anda menangani daftar Anda?

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda bayar. Maka cantumkan semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Berapa banyak uang yang dapat Anda alokasikan untuk pembayaran hutang?

Mulai dari sekarang untuk membuat pencatatan yang lebih jelas.

4.Tentukan dan Ketahui Strategi Hutang Anda

Setelah Anda mencatat hutang keseluruhan didepan Anda, Anda juga akan mendapatkan perspektif yang jelas tentang keuangan Anda.

Apakah Anda memiliki penghasilan tetap?

Apakah Anda memiliki tabungan?


Bisakah Anda bekerja sampingan untuk melunasi hutang Anda?

Baca Juga 5 Peluang usaha modal kecil menjanjikan

Apa yang paling Anda butuhkan ketika melunasi hutang adalah motivasi dan kepercayaan diri. Untuk alasan ini, pikirkan dengan cermat tentang hutang apa yang ingin Anda tangani terlebih dahulu dan buat strategi, ada sebagian orang yang dimulai dari hutang yang terbesar dan sebagian orang juga memulai dari yang terkecil.

Jadi untuk memilih strategi yang tepat, pikirkan apa yang masuk akal bagi Anda secara finansial maupun pribadi. Apakah Anda suka melihat hutang turun lebih cepat, atau apakah Anda sabar dan ingin startegi untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

Startegi pembayaran yang tepat sepenuhnya tergantung pada Anda dan kepribadian Anda. Berikut adalah beberapa strategi umum untuk dipertimbang:

Debt Snowball

Dalam hal ini, Anda akan fokus untuk melunasi hutang terkecil Anda terlebih dahulu.

Jadi, Anda akan mendedikasikan sebagian besar dana Anda untuk pinjaman terkecil sambil membayar minimum pada yang lain.


Namun, Anda harus ingat bahwa bunga pinjaman lain masih akan menyusun sehingga Anda akan melunasi lebih banyak dalam jangka panjang.

Debt Avalanche

Dalam hal ini, Anda melunasi dari suku bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah Anda melunasi ini, Anda pindah ke hutang dengan tingkat tertinggi dan sebagainya. Intinya adalah untuk fokus pada hutang yang menimbulkan beban yang lebih berat terlbih dahulu.

Karena hutang dengan suku bunga yang lebih tinggi akan memakan lebih banyak uang Anda setiap bulan.

Namun ingat, strategi ini untuk orang yang lebih sabar. Hutang bunga tertinggi juga merupakan hutang terbesar Anda. Jadi Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu untuk melunasinya. Pikirkan dengan hati-hati.

Debt Consolidation

Gabungkan beberapa hutang lama menjadi satu dan Anda mungkin dapat membuat pembayaran Anda lebih mudah dikelola. Jika Anda menggabungkan pinjaman Anda, Anda idealnya akan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah juga.


4 empat strategi melunasi hutang
Lunas

Penutup

Hutang bisa sangat besar bagi banyak orang. Membawa beban bertahun-tahun. Namun, jika Anda berpikir strategis, Anda dapat dengan cepat menemukan jalan keluar dari situasi ini.

Jangan biarkan angka-angka menghantui Anda setiap malam. Rencanakan dengan tepat bagaimana dan kapan harus melunasi hutang Anda.

Kunci kesuksesan adalah motiavasi dan pola pikir yang tepat. Dan strategi apa pun yang Anda pilih. Ketahuilah bahwa ketekunan akan memberikan hasil.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Take a deep breath and action!


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page