5 Peluang Usaha Modal Kecil Menjanjikan di Masa Pandemi


Ilustrasi 5 peluang usaha modal kecil yang menguntungkan di masa pandemi. credit unsplash Wiliam Iven link terlampir

Kalau bicara peluang usaha modal kecil, tentu Anda sudah tau sebelumnya kan? Entah itu dari media lain atau info dari teman kerabat Anda. Tapi tidak semua usaha modal kecil yang diberitakan sanggup bertahan di masa pandemi ini. Oleh karena itu beritapreneur.com meriset pasar lalu merangkum usaha modal kecil yang sanggup bertahan di masa pandemi. Kabar baiknya jika usaha modal kecil ini sanggup bertahan di masa pandemi, tentu setelah pandemi berakhir pasti usaha ini akan lebih berkembang lagi.

Lalu muncul pertanyaan kembali, bagaimana kalau pandemi ini terus berlangsung, apakah usaha ini masih tetap kuat bertahan?

Jawabannya:Tergantung Anda bagaimana menjalan usaha bisnis tersebut. Menjalankan bisnis perlu perencanaan yang tepat. Anda harus menentukan usaha apa yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usaha bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan Anda dalam menjalankannya (product knowledge).


Pada kesempatan ini, kami membagikan 5 peluang usaha modal kecil yang menguntungkan di masa pandemi. Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan riset sendiri, dan bisa memilih manakah yang paling sesuai untuk Anda.

Kenali Kompetitor Anda Dulu

Ilustrasi mengenali kompetitor – credit unsplash kaleidico link terlampir

Anda sudah bersusah payah menjual atau memasarkan produk Anda, entah itu dari sosial media atau market place tapi belum juga mendapatkan target yang memuaskan. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat.

Oleh karena itu sesekali Anda harus kenali kompetitor bagaimana mereka membuat pembelinya tertarik membeli ke mereka, setelah itu amati, tiru dan modifikasi.

5 Daftar Peluang Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan di Masa Pandemi

Berikut ini adalah daftar peluang usaha terbaru yang menguntungkan di masa pandemi.

Kami telah merangkum beberapa peluang usaha ini berdasarkan tipe dan jenis bisnis apakah online atau offline, dan modal yang dibutuhkan kecil menengah.

1. Reseller Baju Anak-Anak

Ilustrasi reseller baju anak-anak. credit google image link terlampir

Peluang usaha dengan modal kecil untung besar, adalah menjadi reseller atau dropshipper toko online.


Saat ini, supplier atau distributor produk sudah banyak yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller dan dropshipper mereka. Bahkan ini bisa menjadi bisnis modal kecil untung besar. Sehingga sangat mudah untuk memulainya.

Modal usaha bisnis online khususnya sebagai reseller maupun dropshipper sangat kecil. Bahkan ada yang tanpa modal, tidak perlu memproduksi barang, buat label, hanya cukup memasarkan produk mereka saja bisa mendapatkan keuntungan.

Istilah reseller & dropshipper sama-sama memasarkan produk orang lain, tapi keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Reseller biasanya mereka sudah membeli produk dari distributor lalu menjualnya dengan kesepakatan harga tertentu. Sedangkan dropshipper cukup menjual produk dari distributor secara online tanpa harus membeli produk mereka, pengiriman juga dilakukan oleh distributor.

Ok langsung ke topik. Kenapa harus reseller baju anak-anak? Bisa Anda bayangkan saja, anak-anak dari usia 0-7 tahun pertumbuhan mereka sangat cepat, tentunya ganti ukuran baju itu sangat cepat sehingga pengaruh ke repeat order-nya. Apa lagi ibu-ibu yang sayang pada anaknya, rata-rata mereka gak tahan kalau melihat baju-baju yang lucu pasti mereka gercep langsung beli.

Usaha jual baju anak-anak juga tidak memerlukan modal yang besar. Jangan menyewa tempat dulu, cukup berjualan di rumah Anda aja dahulu, apalagi sekarang lagi pandemi yang disarankan work from home. Bagaimana apakah Anda cocok dan tertarik dengan usaha ini? komentar dibawah ya…

2. Jualan Ikan Hias (Ikan Cupang)

Ilustrasi ikan cupang. credit google image link terlampir

Saat ini pemerintah menyarankan semua orang untuk tetap jaga jarak dan bekerja dari rumah. Hal ini yang membuat semua orang lebih memilih aktifitas didalam rumah.

Kira-kira hal apa yang membuat betah di rumah? Salah satunya adalah ikan hias. Saat ini ikan hias yang lagi naik daun adalah ikan cupang. Memang terlihat sepele usaha ini, tapi jika ditekuni dan Anda sudah mendapatkan pasar, usaha ini bisa meraup omzet ratusan juta perbulannya. Sudah banyak bukti pengusaha sukses dari jualan ikan cupang ini.

Jika Anda ingin memulainya pahami dahulu bagaimana cara perawatannya, dan jika Anda pasarkan di market place, Anda harus tau cara pengirimannya.


3. Jualan Bumbu Instan

Ilustrasi bumbu instan. credit google image link terlampir

Di zaman modern yang serba instan ini, peluang bisnis bumbu instan ini bisa jadi pilihan.  

Apa lagi Anda yang suka dan pintar memasak, tidak membutuhkan modal yang banyak cukup dari rumah saja.

Bisnis bumbu instan ini, pembeli pertama butuh pengakuan atau bukti rasa dari bumbu yang Anda ciptakan.

Oleh karena itu sisihkan modal sedikit untuk meng-endorse public figure supaya mencicipi dan menceritakan bumbu olahan Anda. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan Anda.

4. Jualan Camilan atau Makanan Ringan

Ilustrasi camilan yang lagi naik daun. credit google image link terlampir

Untuk menemani aktifitas di rumah tentunya harus ada camilan kan? Entah itu pas nonton TV atau hidangan untuk tamu. Jualan produk makanan memang tidak ada matinya. Terutama produk makanan ringan, meskipun sudah banyak produk yang dikenalkan, tetapi keinginan masyarakat untuk mencoba cukup besar. Artinya potensi bisnis ini cukup besar.

Jika Anda ingin mencoba bisnis makanan ringan ini, kuncinya lakukan inovasi produk, dari kualitas serta keunikan. Memasarkan online juga bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan.

Memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan bisa dimulai dari rumah. Contoh produk makanan ringan adalah makaroni, mie lidi dengan berbagai macam rasa, keripik singkong dan masih banyak lagi.


5. Bisnis Barang Preorder

Ilustrasi bisnis barang preorder. credit Tess.co.id https://tees.co.id/

Bisnis preorder memang tidak sama dengan ready stock, karena proses dari preorder harus menunggu beberapa waktu untuk bisa mendapatkan barang tersebut.

Akan tetapi, bisnis preorder banyak diminati oleh pebisnis pemula lantaran tidak memerlukan banyak modal atau bisa tanpa modal sama sekali.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya bisnis preorder dapat terus berkembang serta berjalan lancar.

Sistem preorder ini menuntut konsumen harus sabar menunggu, sehingga penting bagi seorang penjual untuk memperhatikan kualitas produk dengan baik.

Salah satu kunci meraih pelanggan tetap, Anda dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik pada konsumen.

Jika Anda bingung barang apa yang harus dijual, beritapreneur.com mempunyai rekomendasi untuk dijadikan partner Anda, satu diantaranya adalah Tees.co.id, ini dapat membantu Anda untuk menjual barang preorder, ada banyak kategori produk print on demand yang dapat Anda pilih. Tees.co.id juga menyediakan fitur dropship dengan nama brand Anda. Fitur ini memudahkan sekali sehingga Anda tinggal buat desain atau milih desain lalu dipasarkan begitu ada orderan pihak Tees.co.id yang memproses hingga pengiriman barang ke pembeli Anda.

Penutup

Kategori peluang usaha cukup banyak yang bisa Anda manfaatkan. Untuk membuka sebuah usaha Anda bisa memulainya dengan hal yang paling Anda sukai, lalu Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi sekarang yang serba online. Dan yang paling penting pelajari potensi pasar bisnis tersebut dengan data yang cukup.


Jika Anda sudah menemukan ide peluang usaha yang Anda minati, Anda bisa memulainya sekarang.

Jika Anda memerlukan diskusi komentar dibawah ya…

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.


Default image
Azizah
Wonder mom off one hero | Penulis tetap di Beritapreneur.com | co-Founder & CEO off Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page