7 Alasan Pentingnya Strategi Pemasaran di Sosmed


7 Tips Pentingnya Strategi Pemasaran di Sosmed
7 Tips Pentingnya Strategi Pemasaran di Sosmed

Sebelum kita masuk ke topik inti 7 alasan pentingnya strategi pemasaran di sosmed, kita masuk ke sesi brainstorming dulu.

Sebagai penjual kita juga penting untuk mengadopsi pola pikir konsumen. Kita sebagai penjual harus memahami, bahwa pada akhirnya, kita semua adalah konsumen. Kebutuhan serta ekspektasi individu dan kolektif kita telah berkembang saat kita mempelajari lebih lanjut tentang Covid-19.

Saat ini, jelas terlihat bahwa konsumen beralih untuk menjaga jarak sosial dan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Penjual yang secara efektif mengadopsi pola pikir konsumen akan menunjukkan bahwa mereka bersedia melakukan apa yang diperlukan untuk menjaga pelanggan tetap sehat dan bahagia.


Balik ke topik lagi.

Saat ini, bahkan ide bisnis yang paling menjanjikan hampir tidak dapat bertahan tanpa strategi digital. Sudah lama sejak media sosial menjadi platform pemasaran utuh untuk membangun branding.

Melalui media sosial hubungan Anda sebagai penjual dengan audiens atau konsumen jadi lebih dekat. Tapi tanpa konsep yang jelas, cuman sekedar posting tanpa ada penarik atau mengajak interaksi pelanggan Anda, ini menjadi percuma. Cuman dapat posting aja, tidak dapat imbal balik dari pelanggan atau audiens Anda.

Baca Juga Tips kunci kesuksesan

Jadi mari kita mulai pembahasannya 7 alasan pentingnya strategi pemasaran di sosmed

Dilansir dari Smallbizdaily.com mengapa Anda membutuhkan strategi pemasaran di media sosial?

  1. Dengan menggunakan strategi pemasaran di media sosial, Anda dappat menetapkan tujuan yang jelas

Apa saja tren yang saat ini digunakan di pasar? Hal ini dapat Anda pelajari saat menggunakan platform media sosial populer. Lingkungan media dapat memberi Anda informasi berharga tentang volume dan frekuensi kunjungan, serta umpan balik pelanggan tentang brand Anda.

Bisnis tanpa strategi pemasaran media sosial mereka tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin mereka capai secara online. Disinilah kesempatan Anda untuk menggunakan media sosial yang dapat membantu Anda memantau kemajuan bisnis online Anda dalam perspektif jangka pendek dan jangka panjang.


Baca Juga 5 Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan di Masa Pandemi

  1. Manfaat kedua, Anda bisa berkenalan atau berinteraksi dengan audiens online Anda

Bahkan pelanggan setia pun mereka tidak mengunjungi situs web Anda secara teratur, tetapi mereka pasti membuka Facebook atau Instagram mereka setidaknya sekali atau dua kali setiap hari.

Jadi , jika Anda ingin memahami pasar online Anda, Anda harus memberi perhatian khusus pada pemasaran di media sosial.

  1. Anda akan mendapatkan proposisi nilai yang efektif

Artinya Anda mendapatkan data jelas yang dapat disesuaikan dengan audiens target Anda. Dari sini juga Anda tau target pasar Anda siapa dan kalangan apa.

  1. Anda akan kreatif menulis konten yang unik

Baca Juga Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

Jika kita menulis dengan panjang dan bahasa yang baku, mungkin audiens Anda akan menggulir terus layar mereka sampai menemukan hal yang menarik dan unik. Maka dari itu agar konten Anda dilihat dan dibaca buat konten seunik mungkin. Anda dituntut untuk kreatif dalam hal ini.

Namun saat ini ada cara yang unik untuk memasarkan produk lewat media sosial. Yaitu lewat live streaming. Alasannya cukup sederhana, berinterakhir langsung dengan audiens tanya jawab, ini menambah kedekatan dan menambah loyalitas pelanggan kepada Anda.

  1. Anda akan belajar bagimana menggabungkan pendekatan yang berbeda

Beriklan melalui agen pemasar digital tentu berbeda dengan beriklan sendiri di media sosial.

Beriklan melalui agen pemasar memang sangat mudah, dan mudah di jumpai oleh audiens Anda, tetapi itu mempunyai kelemahan dalam hal pendekatan kepada audiens Anda.

Jika melalui media sosial, kedekatan berinteraksi itu ada, dan ini menciptakan keharmonisan antara penjual dan pembeli.


  1. Anda dapat menghemat uang

Baca Juga Tips Mengatur keuangan di masa pandemi

Sumber daya keuangan ini harus diarahkan untuk merencanakan dan mengeksekusi pemasaran di media sosial. Tanpa keterampilan e-marketing, akan sulit untuk berurusan dengan pesaing besar secara efektif.

Hal ini terutama terjadi untuk perusahaan besar di mana beberapa elemen organisasi pemasaran membutuhkan cara yang berbeda untuk menangani tugas pemasaran yang sama.

  1. Anda akan tahu cara mengoptimalkan aktivitas bisnis Anda.

Setiap bisnis dengan konten online harus megikuti laporan analitis, tapi tidak semua orang mempunyai waktu yang luang untuk memeriksa laporan satu persatu.

Dengan strategi pemasaran media sosial, Anda akan dapat meningkatkan aspek-aspek utama, termasuk pengalaman pengguna, kualitas produk, kualitas konten, komunikasi dan sebagainya.

Penutup

Intinya

Mengapa orang mengikuti tren? Apa saja tuntutan pasar saat ini? apa harapan pasar untuk produk Anda?

Anda dapat menemukan jawaban atas semua pertanyaan ini di media sosial.

Seperti yang Anda lihat, ada lebih dari cukup alasan untuk menciptakan strategi media sosial yang efisien dan meningkatkan konsep pemasaran online Anda.


Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan mengembangkan bisnis dengan mudah.

Baca Juga Tips agar bisnis Anda semakin berkembang

Hak cipta gambar.

Unsplas


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page