7 Blunder Sepele Yang Harus Anda Hindari Saat Memulai Bisnis Online


7 Blunder Sepele Yang Harus Anda Hindari Saat Memulai Bisnis Online
7 Blunder Sepele Yang Harus Anda Hindari Saat Memulai Bisnis Online

Ini dia 7 Blunder Sepele Yang Harus Anda Hindari Saat Memulai Bisnis Online. Pemikiran untuk memulai bisnis online menarik karena berbagai alasan.

  • cukup mudah untuk memulai.
  • Anda tidak perlu belajar selama bertahun-tahun sebelum Anda dapat memulai.
  • Anda dapat memulai bisnis di sisi pekerjaan utama Anda (bisnis sampingan)
  • Ada potensi penghasilan besar.

Namun – Anda harus memiliki strategi yang baik jika Anda ingin berhasil.

Studi telah menunjukkan 20% usaha kecil gagal di tahun pertama mereka, 30% di tahun kedua mereka, dan 50% pada tahun kelima.


Namun kebanyakan orang hanya memiliki gagasan yang samar-samar tentang hal-hal yang harus mereka lakukan. Untuk memastikan kesuksesan bisnis Anda, Anda harus belajar dari kesalahan orang lain dan mencari tahu.

Dalam artikel ini, Anda tidak akan menemukan daftar hal-hal yang harus Anda lakukan: Anda akan mengungkap kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang ketika memulai bisnis online.

Langsung saja kita masuk pembahasan.

1. Cabut dari pekerjaan utama Anda tanpa perencanaan matang

Baca Juga: 17 Tips menjadi pengusaha sukses dari nol

Jika Anda pikir bisnis online akan menjadi jawaban atas masalah keuangan Anda, pikirkan sekali lagi.

Banyak orang membuat keputusan gegabah ketika akan memulai bisnis online.

 “Jangan menghitung ayam Anda sebelum menetas”


Ada banyak yang tidak diketahui dalam bisnis. Jika ini adalah satu-satunya sumber penghasilan Anda, Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih rendah untuk berhasil.

Membangun bisnis online bukan berarti Anda tidak perlu bekerja. Bahkan, kewirausahaan lebih sulit daripada menjadi karyawan.

Jika Anda berpikir memulai bisnis online tidak perlu bekerja, Anda melihat dengan cara yang tidak tepat.

Jangan langsung meninggalkan pekerjaan utama Anda, mulailah secara perlahan dan bertahap, misal memulai bisnis setiap akhir pekan atau satu/dua jam setelah bekerja.

Jalani hingga beberapa bulan, Anda akan mendapat gambaran apakah bisnis online Anda benar-benar dapat mengamankan penghasilan Anda.

Jika ternyata tidak berhasil, Anda dapat memotong kerugian kecil, Anda juga tidak akan stres dan bertanya-tanya bagaimana Anda akkan bangkit kembali jika bisnis gagal.

Anda dapat berhenti dari pekerjaan ketika Anda mulai melihat kesuksesan dan bisnis Anda menjadi lebih stabil.

Atau jika Anda menikmati keduanya, Anda tidak perlu cabut dari pekerjaan utama Anda, memiliki dua sumber penghasilan itu adalah strategi yang luar biasa bukan?


2. Berpikir kalau bisnis online adalah jalan keluar yang mudah

Ya, memang benar bahwa bisnis online dapat membuat Anda menjadi orang kaya. Dan memang benar bahwa bisnis online telah membuat banyak orang sangat kaya.

Baca Juga: Kunci kesuksesan lakukan hal ini

Tapi jangan biarkan itu menipumu untuk berpikir itu mudah. Anda tidak bisa minum kopi dipagi hari sambil nyamil, atau rebahan nonton Youtube dan Anda berharap bahwa bisnis Anda akan secara ajaib berkembang sendiri. Bisnis ini akan mengambil waktu, dan banyak keberanian untuk mensukseskan bisnis Anda.

Jika Anda tidak siap untuk

  • Bekerja larut malam ketika diperlukan
  • Memecahkan masalah sendiri
  • Mendisiplinkan diri untuk menyelesaikan sesuatu tanpa bos
  • Bekerja ketika teman-teman Anda liburan

Tunggu dulu… memulai bisnis online mungkin bukan hal yang tepat untuk Anda.

Kewirausahaan bukanlah jalan keluar yang mudah.

Hadiah untuk kerja kerasmu akan sepadan. If the thought of the grind makes you excited to get started. Anda telah membangun pola pikir yang baik, bahwa Anda harus berhasil.

3. Mengabaikan untuk menambah keterampilan pribadi

Jika Anda ingin berhasil membangun bisnis online, Anda harus mendedikasikan waktu untuk mempelajari hal-hal baru.


Baca Juga: Jangan biarkan skillmu tertinggal

Dunia online berubah setiap hari. Informasi terus berkembang dan teknologi baru muncul. Tidak mungkin untuk berhasil tanpa alat, praktik, dan peluang terbaru yang tersedia.

Buat kesepakatan dengan diri Anda sendiri untuk menghabiskan setidaknya satu jam per hari untuk meneliti dan belajar. Anda dapat melakukan ini dengan mudah di era sekarang.

  • Mendengarkan podcast
  • Membaca buku bisnis
  • Berlangganan buletin
  • Menonton video YouTube yang terkait dengan bisnis Anda
  • Mewawancarai para pemimpin bisnis yang hebat
  • Mengkonsumsi artikel bisnis

Pada akhirnya, pola pikir untuk mengasah skill Anda akan menjadi keunggulan yang Anda butuhkan di dunia yang penuh dengan orang-orang hebat ini.

4. Lupa membangun personal branding

Bahkan jika Anda tidak berencana untuk memasarkan bisnis Anda di media sosial, tidak ada salahnya untuk memiliki personal branding yang kuat.

Anda memiliki control atas bagaimana orang melihat personaliti Anda secara online.

Ini tidak berarti Anda harus menjadi orang yang memposting di setiap platform media sosial setiap hari. Lebih baik memulai dengan satu platform dan membangun sampai kuat sebelum pindah ke platform lain.

Terlepas dari itu, mempelajari cara kerja media sosial akan membantu Anda sebagai pengusaha. Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin mudah untuk memasarkan produk Anda.


5. Sembunyi dari umpan balik pelanggan

Ingatlah untuk fokus pada pelanggan Anda. Umpan balik dari mereka akan menjadi alat terbaik yang dapat Anda gunakan saat Anda membangun bisnis online Anda.

Konsep ini sangat penting, di mana pun Anda berada dalam perjalanan bisnis Anda! Bahkan sebelum memulai, Anda bisa mendapatkan umpan balik sebagai bagian dari riset pasar Anda.

Ada banyak cara untuk membuat pelanggan Anda berbagi pemikiran mereka dengan Anda:

  • Sertakan chatbot di situs web Anda
  • Kirim survei
  • Meminta balasan langsung ke email yang Anda kirimkan
  • Gunakan media sosial
  • Buat forum Anda sendiri di mana pelanggan dapat berbagi pemikiran mereka contoh, Facebook page, Telegram, atau WhatsApp

Jika Anda dapat menguasai kemampuan untuk mendengarkan pelanggan dan menerapkan umpan balik, Anda akan menjadi lightyears menjelang kompetisi.

6. Mengabaikan email

Tentu, ini bukan yang baru seperti TikTok atau platform pemasaran baru lainnya, tetapi email tidak dapat diabaikan. Pemasaran email masih menjadi salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan saat memasarkan bisnis Anda.

Baca Juga: 7 alasan pentingnya pemasaran di media sosial

Email mendapatkan tempat yang tidak dapat dilakukan iklan media sosial: masuk ke kotak masuk pelanggan Anda. Dan ini layaknya obrolan pribadi Anda ke pelanggan Anda.

Menguji ide-ide baru, menciptakan produk yang lebih baik, dan membangun hubungan semuanya lebih mudah dengan daftar email


7. Melewatkan penelitian

Bisnis adalah proyek penelitian. Tidak ada jalan di sekitarnya. Anda tidak dapat membangun bisnis online yang sukses tanpa melakukan penelitian yang tepat sebelumnya.

Jika Anda mencoba memulai bisnis dengan keinginan, itu akan seperti menavigasi kapal ke pelabuhan berbatu dalam gelap tanpa mercusuar. Penelitian adalah mercusuar anda. Anda masih harus bekerja untuk berlayar ke pelabuhan, tetapi akan jauh lebih mudah daripada berlayar tanpa panduan.

Teliti pasar Anda. Siapa audiens Anda? Apa keinginan mereka? Platform apa yang paling sering mereka gunakan dan bagaimana Anda dapat menjangkau mereka?

Teliti bisnis Anda. Apa pertanyaan paling umum yang ditanyakan orang tentang jenis bisnis yang Anda bangun? Berapa banyak kompetisi yang ada? Apa masalah yang anda pecahkan?

Teliti persaingan Anda. Iklan apa yang menjalankan bisnis yang bersaing? Bagaimana mereka tumbuh? Taktik apa yang mereka coba? Apa yang telah berhasil, dan apa yang belum?

Jenis penelitian ini sangat penting sebelum Anda mulai. Basis pengetahuan Anda akan tumbuh dengan penelitian dan pengalaman.

Penutup

Baik, I’m out… Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.


Wait…… be honest penulis pernah melakukan hal se-blunder itu.


Default image
Ayyi
a man with hoodie

You cannot copy content of this page