Cara Membuka Bisnis Minuman Boba Lengkap dengan Perhitungannya


cara membuka bisnis minuman boba

Hello what’sup Preneur! Dari judul pasti sudah tau apa yang akan kami bahas sekarang-kan? Mari kita baca, tidak perlu serius, cukup siapkan bolpen dan note untuk mencatat hal-hal penting. Langsung saja cara membuka bisnis minuman boba.

Peluang Bisnis Minuman Boba

Peluang bisnis minuman boba

Tren bisnis minuman terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu apa lagi minuman yang satu ini, minuman dengan topping boba semakin ramai di Indonesia. Beberapa orang menjadikan kesempatan ini sebagai peluang bisnis baru yang menjanjikan, disamping bisnis yang tidak butuh modal besar, cara praktek bisnisnyapun tidak terlalu sulit bagi pemula sekalipun.

Boba sendiri berbahan dasar tepung tapioka dan biasanya dijadikan isian untuk bubble tea. Teksturnya kenyal dan cocok dikombinasikan dengan beragam varian rasa minuman.


Karena karakteristiknya tersebut, boba atau bubble tea pun perlahan jadi semakin populer. Brand demi brand bubble tea di Indonesia menawarkan menu ini.

Bahkan di Indonesia, sudah beberapa kali diselenggarakan festival boba untuk memenuhi tingginya antusiasme para pencinta minuman kenyal dan bulat ini. Tidak hanya itu, tren bisnis minuman kekinian ini juga turut memengaruhi tren di industri online food delivery

Sebelum menjadi tren yang populer, boba sudah lebih dulu ramai di Taiwan, negara asalnya. Kabarnya, minuman ini sudah ada di Taiwan sejak lebih dari tiga puluh tahun lalu.

Saat itu, pendiri dari salah satu brand boba melakukan eksperimen dengan membuat bulatan dari tepung tapioka dalam warna hitam dan putih. Dari Taiwan, perlahan tren produk ini pun mulai menyebar hingga ke Cina.

Seiring berjalannya waktu, negara-negara lain pun turut mengadaposi tren bisnis minuman ini, termasuk Indonesia.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu saja, tren bisnis minuman boba belumlah seramai sekarang. Jumlah gerai brand yang menyediakan minuman tersebut masih relatif sedikit.


Namun, sekarang Anda bisa menemukannya dengan mudah. Bahkan sepertinya hampir di setiap mall selalu bisa ditemukan setidaknya satu gerai minuman seperti ini.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa memang tren bisnis minuman boba memiliki pasar yang cukup kuat di Indonesia. Bahkan jika ada gerai minuman yang baru dibuka, antrean panjang yang mengular hampir selalu ada.

Di sisi lain, penyedia minuman ini juga pintar dalam melakukan pemasaran. Tiap brand memiliki konsep dan pesan masing-masing untuk disampaikan.

Setiap brand minuman ini sepertinya sudah memiliki target pasar yang spesifik.

Jika Anda tertarik mencoba bisnis ini dengan modal yang minim, Anda bisa mencobanya dengan usaha kecil-kecilan di rumah.

Baca Juga: Tips agar bisnis Anda semakin berkembang

Persiapan Memulai Bisnis Boba

Bisnis plan

Beberapa langkah umum yang bisa diambil dalam memulai bisnis ini adalah sebagai berikut:

1. Membuat Perencanaan Bisnis

Membuat perencanaan bisnis adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, yang berisi strategi atau rencana-rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan perencanaan bisnis yang baik, membuat siapapun yang membacanya dapat merealisasikan bisnis tersebut dengan tepat.


Intinya.

Sebelum memulai usaha, luangkan waktu untuk menulis atau membuat sebuah perencanaan bisnis.

2. Menentukan lokasi

Dalam bisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Jika lokasi jelas terlihat, mudah diakses akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda. Tetapi karena zaman sekarang yang serba go online maka Anda tidak perlu cemas, Anda bisa memanfaat teknologi sekarang, misal melalui online food delivery

3. Menyiapkan peralatan

Anda membutuhkan beberapa peralatan dasar untuk membuat boba seperti ketel (teko kecil), saringan, panci untuk memasak boba, yang sekiranya bisa di dapatkan di rumah. Sementara untuk bahannya yang Anda butuhkan adalah tapioka, air dan black tea sebagai pewarna sekaligus penambah cita rasa yang kuat.

4. Menyiapkan media promosi

Pemasaran menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis boba Anda, karena sebagus apapun produk yang Anda buat jika masyarakat gagal mengenal produk itu, maka jadi sia-sia.

Namun saat ini dengan kemajuan zaman yang serba teknologi, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa lakukan pemasaran lewat platform sosial media yang banyak digunakan sekarang.

Baca Juga: 7 Kesalahan sepele yang Harus Anda hindari saat buka bisnis

Tips Bisnis Membuka Minuman Boba

Bisnis minuman boba sedang booming di Indonesia. Tren satu ini tidak hanya didominasi oleh brand minuman yang namanya sudah besar, tetapi brand-brand baru juga terus bermunculan. Bahkan di satu mall, satu brand minuman boba bisa membuka lebih dari satu outlet. Hebatnya, walaupun begitu, seluruh outlet tersebut hampir tidak pernah sepi.


  • Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebagai tips bisnis minuman boba adalah merancang konsep bisnis Anda. Anda sudah tahu produknya, tapi bagaimana dengan yang lain? Apakah bisnis minuman Anda akan berkonsep self-service, tempat nongkrong, atau khusus takeaway? Apakah Anda akan menawarkan menu yang simpel atau justru beragam? Bagaimana vibe yang akan Anda ciptakan melalui bisnis ini?
  • Bubble tea memang sebetulnya merupakan produk yang cukup spesifik. Namun, masih banyak varian dan rasa yang harus kamu tentukan. Jadi, sebelum membuka bisnis minuman boba, pikirkan menu apa saja yang akan Anda tawarkan. Anda bisa menyediakan minuman boba dalam beragam rasa teh buah, milk tea, atau brown sugar.
  • Coba lakukan riset terhadap menu yang ditawarkan kompetitor, tapi jangan mencontohnya begitu saja. Anda bisa mengembangkan menu-menu tersebut untuk membuat bisnis Anda berbeda dan lebih unggul dari kompetitor. Lalu, saat mendesain buku menu, pastikan Anda menerapkan desain yang memudahkan pengunjung untuk membaca tulisan menunya.
  • Mengingat popularitas minuman kekinian ini yang begitu tinggi, bukan hanya konsumennya saja yang banyak, tapi juga pemilik bisnisnya. Artinya, ada banyak kompetitor yang harus Anda “lawan” agar Anda sendiri juga bisa sukses berbisnis minuman boba. Itulah kenapa Anda perlu memperhatikan kompetitor yang sudah ada.
  • Cari tahu apa saja menunya, konsep seperti apa yang ditawarkan, hingga harga jualnya di pasaran. Dari sini, Anda bisa tahu hal-hal apa yang sekiranya belum atau kurang maksimal dilakukan oleh kompetitor. Di situlah Anda bisa mengisi kekosongan tersebut dan mencuri hati para konsumen.

Itulah beberapa tips bisnis minuman boba bagi Anda yang ingin terjun menggeluti usaha tersebut.

Poin tak kalah pentingnya adalah selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli, karena pembeli adalah raja dalam bisnis ini, jangan biarkan pelayanan menurun seiring waktu, justru tingkatkan demi kepuasan pelanggan.

Ciptakan harga yang layak dan pantas bagi calon konsumen Anda, jangan biarkan harga membuat calon konsumen ragu dalam membeli minuman boba Anda.

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Porong
  • Timbangan
  • Sloki ukur
  • Gelas ukur 1 liter
  • Centong boba
  • Tempat lada (fungsinya untuk naburin topping cokelat ke minuman)
  • Torch
  • Sendok takar
  • Sendok stainless
  • Botol
  • Termos es
  • Sekop es batu
  • Saringan teh
  • Gelas stainless
  • Box bubuk

Analisis Biaya Bisnis Minuman Boba

Dalam memulai bisnis, tentunya Anda perlu analis biayanya dilihat dari proyeksi keuntungan terhadap seluruh pengeluaran Anda.

Contoh Analisis sederhananya sebagai berikut:

Modal Awal:

Belanja Peralatan= Rp 8.900.000,-

Media promosi= Rp 500.000,-

Biaya lain-lain= Rp 1.000.000,-

Total= Rp 10.400.000,-

Biaya Operasional:

Gaji karyawan 1 orang= Rp 1.000.000,-

Sewa tempat (jika ada lokasi fisik)= Rp 2.000.000,-

Bahan baku = Rp 5.000.000,-

Gas= Rp 150.000,-

Listrik dan air= Rp 300.000,-

Total= Rp 8.450.000,-

Estimasi Omzet:

Harga rata-rata = Rp 10.000,-

Estimasi penjualan= 100 cup

Total hari kerja perbulan= 24 hari

Total= 24 X 100 X 10.000= Rp 24.000.000,-

Laba Bersih:

Omzet – Biaya operasional

= 24.000.000 – 8.450.000 = 15.550.000

Break Even Point (BEP)

Modal awal / laba bersih

= 10.400.000 / 15.550.000

= 0,6 bulan

Kesimpulan: Anda akan mencapai BEP. Atau balik modal dalam waktu 0,6 bulan kurang lebih 18 hari. Bagaimana apakah Anda semakin tergiur dengan membuka bisnis minuman boba?

Penutup

Ada beberapa catatan penting.


Jika Anda menawarkan dengan produk yang umum, maka pesaing Anda sangatlah banyak, ada yang lebih murah, enak atau lebih bervariasi. Agar bisnis Anda menonjol di tengah-tengah persaingan. Anda perlu menciptakan produk dan strategi yang unik.

Membangun hubungan baik dengan konsumen, hal ini memiliki sebuah tujuan jangka panjang, yakni membuat konsumen menumbuhkan loyalitas terhadap produk Anda. Dan pilihlah strategi yang sesuai dengan segmen pasar.

Yang terutama adalah, lakukan perencanaan yang menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu Anda juga dapat terlebih dahulu melakukan riset pasar dan melakukan analisis kelayakan usaha sehingga rencana Anda terpampang jelas ke depan.

Semoga Artikel ini bermanfaat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: Perencanaan bisnis membuka kedai kopi


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page