Formasi CPNS 2021 khusus lulusan SMA/SMK sederajat


Formasi CPNS 2021 khusus lulusan SMA/SMK sederajat
ilustrasi: Formasi CPNS 2021 khusus lulusan SMA/SMK sederajat

Formasi CPNS 2021 khusus lulusan SMA/SMK sederajat

Dari rangkaian seleksi CPNS 2021 yang rencananya akan digelar pada bulan Maret 2021 yang akan datang, maka bagi kalian yang mempunyai rencana untuk ikut mengikuti seleksi CPNS 2021 bisa memulai untuk mempersiapkan diri. Formasi untuk lulusan SMA sederajat menjadi hal paling menarik untuk dibahas.

Bagaimana tidak? Seleksi pendaftaran CPNS 2021 yang selalu berlangsung ketat masih memberikan peluang untuk lulusan SMA. Menariknya formasi CPNS untuk lulusan SMA ini, selalu memperoleh jumlah pelamar yang terbanyak dalam setiap tahun.


Menjelang tes CPNS 2021 lulusan SMA ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebab untuk bisa masuk menjadi pelamar dalam pendaftaran CPNS 2021 lulusan SMA, hal wajib yang harus dipenuhi adalah beberapa syarat pendaftaran CPNS 2021 bagi pelamar, salah satunya bahwa calon pelamar minimal berpendidikan terakhir lulusan SMA. Kalian harus update apapun kabar seputar pendaftaran CPNS 2021 agar tidak ketinggalan informasi.

Pada tahun 2020 pemerintah tidak menyelenggarakan penerimaan CPNS dikarenakan kondisi Indonesia bahkan dunia dilanda pandemi Covid-19, dengan keadaan demikian tentu menimbulkan kekecewaan bagi calon pelamar yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk mengikuti selesti CPNS.

Penerimaan CPNS sangat dinantikan oleh banyak masyarakat terutama bagi lulusan SMA sederajat karena penerimaan CPNS yang syaratnya menggunakan ijazah lulus SMA sangat jarang diadakan, oleh karena itu semakin lama akan semakin banyak persaingan antar pelamar dan dalam setiap lowongannya pun selalu berlangsung sangat ketat.

Selanjutnya kapan CPNS 2021 ini diadakan? Sebenarnya tentang kapan pelaksanaan CPNS tahun 2021 sudah pernah disampaikan oleh Kemenpan RB Thahjo Kumolo ketika meresmikan MPP atau Mall Pelayanan Publik Tulang Bawang pada 04 November 2020 lalu.

“Sekitar bulan Maret akan kita buka (rekrutmen CPNS tahun 2021),” kata Menpan-RB.

Selanjutnya ketika ditanya mengenai formasi apa saja yang bakal dibuka di CPNS 2021, beliau belum bisa menjawab. Alasannya adalah masih di koordinasikan ke Pemerintah daerah mengingat masih banyak formasi yang kosong pada seleksi CPNS 2019.


Lebih lanjut dijelaskan bahwa penerimaan CPNS 2021 tidak hanya asal menerima pegawai melainkan harus lebih ketat dalam menentukan formasi yang benar-benar dibutuhkan dan harus mempertimbangkan anggaran yang diberikan oleh Menteri Keuangan untuk melaksanakan hajat tahunan ini.

Untuk seleksi CPNS 2021 ini dikabarkan akan merekrut pegawai lebih besar lagi dengan menyesuaikan kebutuhan PNS era New Normal, tujuan perekrutan CPNS tahun ini adalah untuk mengganti jumlah pegawai yang sudah pensiun dan mengisi formasi CPNS 2019 yang masih kosong. Jumlah PNS per November 2020 yang pensiun dan akan pensiun adalah 487.960 pegawai, sedangkan formasi yang masih kosong pada CPNS 2019 sebanyak 11.580 kursi.

sudah dianggarkan namun kondisi darurat wabah virus corona membuat pemerintah mau tidak mau mengambil kebijakan terhadap penangan kondisi darurat ini termasuk mengalihkan sebagian besar dana ke percepatan pencegahan penyebaran wabah covid 19. Dampak ini juga berpengaruh kepada proses perekrutan CPNS yang biasanya dilakukan setiap tahun sesuai dengan kebutuhan pegawai.

Penundaan tidak hanya untuk pendaftaran CPNS 2020 namun rangkaian tes seleksi CPNS 2019 pun tertunda, yang sebelumnya dijadwalkan pada Maret 2020 namun hingga bulan Juli 2020 belum juga terlaksana, semua terfokus pada kondisi darurat covid 19.

Dengan demikian bagi kita yang ingin ikut tes seleksi CPNS bisa mempersiapkan diri untuk pendaftaran dan penerimaan CPNS tahun 2021 yang akan datang.

Waktu yang panjang memberikan kesempatan yang lebih panjang juga untuk belajar dan mempersiapkan diri secara optimal oleh karena itu berikut kami akan berikan informasi seputar pendaftaran CPNS 2021 bagi lulusan SMA maupun SMK.

Kebutuhan pegawai yang banyak untuk menggantikan pegawai pensiun tiap tahun menyebabkan pemerintah membuka lowongan CPNS itu diberbagai bidang, tidak hanya lulusan sarjana namun lulusan SMA atau SMK pun diberi peluang untuk menjadi abdi negara.

Meskipun belum ada kabar pasti terkait formasi penerimaan CPNS 2021 namun sudah ada titik terang dari Kemenpan-RB beberapa waktu lalu terutama kebutuhan tenaga pendidik (guru), yang dikabarkan kebutuhannya di tahun 2021 mencapai 1 juta orang.


Kemudia apa saja lowongan CPNS yang dibuka bagi pendaftar dengan ijazah SMA atau SMK? Berikut 6 Formasi Pendaftaran CPNS 2021 Khusus Lulusan SMA SMK. Jika berpedoman pada pendaftaran CPNS SMA/SMK Sederajat periode sebelumnya maka setidaknya ada 6 instansi yang membuka lowongan untuk lulusan SMA sederajat:

1. KEMENKUMHAM

Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham ) yang membuka lowongan CPNS terbesar di periode bukaan CPNS sebelumnya dengan syarat peserta lulusan SMA sederajat termasuk SMK.

Menurut data Kemenkumham di tahun 2019 ada 3.532 formasi khusus lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA.

Rinciannya adalah jumlah formasi 2.875 diperuntukkan pemegang ijazah SMA sederajat dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir, dengan total formasi yang dibuka yakni 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham memberikan kesempatan penerimaan CPNS tersebut sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita.

Adapun 2.875 formasi itu terbagi di 33 kantor wilayah.

Lowongan lainnya untuk lulusan SMA ini adalah jabatan pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi yakni 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum.


2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung Republik Indonesia juga membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat dalam penerimaan CPNS di periode sebelumnya.

Kejaksaan Agung total lowongan ada 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat.

Hal itu sesuai dengan pengumuman nomor PENG – 01 /C/Cp.2/11/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

2 jabatan dalam formasi CPNS tersebut adalah pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan.

Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi.

Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum. Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum.

3. Kementerian LHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) juga memberikan jatah bagi para lulusan SMK.


Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019.

Total terdapat 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK. Dari 80 formasi tersebut, hanya diperuntukkan pada jabatan pelaksana pemula/pemula polisi kehutanan.

4. KEMENTAN

Pendaftaran CPNS jalur SMK selanjutnya Kementerian Pertanian ( Kementan ).

Kementerian Pertanian pada waktu tersebut ada 45 formasi yang dibuka.

Hal itu sesuai dengan pengumuman Nomor: 4456/KP.110 /A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019. Pembagian jabatannya antara lain pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, 26 kursi; pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner, 9 kursi; pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, 2 kursi; pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, 5 kursi; pemelihara kebun, 2 kursi; dan pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, 1 kursi.

5. KEMENDIKBUD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK.

Keputusan resmi penerimaan CPNS periode sebelumnya dimuat di Kemendikbud No: 126533/A.A3/KP/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Total terdapat 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan, yakni pengadministrasi keuangan sebanyak 3 formasi; teknisi laboratorium, 2 formasi; dan teknisi pemetaan dan penggambaran, 6 formasi.


6. Badan Intelijen Negara

Badan Intelijen Negara ( BIN ) merima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Semoga informasi bermanfaat. Terima kasih

Baca Juga BI Prediksi Bali ekonomi akan naik positif pada triwulan II 2021

Bagikan


Default image
Azizah
Wonder mom off one hero | Penulis tetap di Beritapreneur.com | co-Founder & CEO off Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page