Ambil Peluang Bisnis Ini! 8 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Paling Laris.


ide bisnis di bulan ramadhan
ide bisnis di bulan ramadhan

Kira-kira apa saja ide bisnis di bulan Ramadhan yang mempunyai prospek keuntungan yang bagus?

Tidak terasa tiba-tiba sudah mendekati bulan Ramadhan, bulan yang paling istimewa dan yang dinanti-nanti oleh umat muslim diseluruh dunia.

Pada bulan Ramadhan umat muslim umumnya berbondong-bondong dan berlomba-lomba untuk meningkatkan amal ibadah mereka melalui sholat wajib, sholat sunnah tarawih, tadarus al-Quran, sedekah, dan puasa selama 30 hari. 


Banyak orang mengatakan, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, hingga keberkahan tersebut dapat kita rasakan dari berbagai sektor lini bisnis.

Tidak diragukan, ketika memasuki bulan Ramadhan pola belanja masyarakat lebih konsumtif, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam kondisi resesi pun berbagai pusat perbelanjaan masih saja tetap ramai.

Perilaku belanja yang lebih konsumtif ini ternyata membawa dampak positif bagi pelaku usaha tertentu yang memang mendukung kebutuhan pada bulan Ramadhan.

Hal ini tentunya dapat kita manfaatkan sebagai peluang bisnis di bulan Ramadhan, kesempatan yang besar ini jangan sampai Anda lewatkan, Anda tentu juga tahu banyak orang-orang menciptakan bisnis tiba-tiba di bulan Ramadhan dan berhasil meraup keuntungan besar. Pastinya ini adalah bayaran atas kerja pintar mereka yang pandai memanfaatkan momentum.

Jika Anda ingin memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk menjalankan bisnis, maka itu adalah keputusan yang bagus, bisnis apapun itu, sebab perilaku masyarakat pada bulan Ramadhan sangat konsumtif jadi menguntungkan untuk mempercepat balik modalnya.

Ada beberapa lini bisnis yang omzet nya naik berlipat-lipat pada bulan Ramadhan, apa saja bisnis itu? berikut daftarnya: Baca terus.


1. Bisnis aneka minuman hits

ide bisnis di bulan ramadhan, jualan minuman boba
jualan minuman boba

Baca Juga: Cara Membuka Usaha Minuman Boba Lengkap Dengan Perencanaan dan Tips Sukses

Berbuka lah dengan yang manis-manis. Ketika seharian menahan lapar dan dahaga, hal pertama yang ingin di lepas adalah rasa dahaganya. Pas waktunya tiba rasanya seperti tidak ada nikmat lain selain buka puasa. 

Bisnis pertama yang paling menjanjikan dapat meraup untung besar adalah bisnis minuman, Anda sudah dapat membayangkannya bukan? ketika sore hari menjelang buka puasa banyak kita jumpai penjual dan pembeli yang memburu minuman segar. 

Tentu saja itu dapat kita ambil kesempatan untuk membuka bisnis minuman, untuk memulai bisnis minuman juga tidak tergolong sulit, dan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, Anda cukup menyediakan modal dari 100.000 – 1.000.000

Anda bisa memilih jualan minuman apa yang ingin Anda jual, aneka minuman yang sedang hits akan jadi pilihan yang bagus. berikut contoh nya:

  • Minuman boba
  • Milkshake murah meriah
  • Es kepal milo
  • Es buah dan kelapa
  • Es teler
  • Air tebu

2. Bisnis kue basah, atau makanan takjil

ide bisnis di bulan ramadhan jualan jajan takjil
ide bisnis di bulan ramadhan jualan jajan takjil

Ngabuburit adalah kebiasaan masyarakat Indonesia jalan-jalan sore hari sambil menyambut waktu buka, di sela-sela ngabuburit tersebut juga dimanfaatkan untuk mencari kue basah/takjil buka puasa. 

Kebiasaan ini memberi keuntungan kepada para pebisnis kue basah baik yang sudah lama atau bisnis dadakan yang memanfaatkan momentum Ramadhan, 

Omzet yang didapat dari jualan kue basah ini cukup besar antara 1.000.000 sampai 2.000.000 per harinya, yang semula 500.000 per hari pada bulan-bulan biasa.

Bisnis ini adalah kesempatan emas untuk Anda yang jago membuat kue basah, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.


Untuk menarik perhatian pembeli, coba Anda buat inovasi varian rasa atau bentuk yang unik-unik. Karena memang pembeli sekarang suka mencari sensasi yang unik-unik beda dari yang lain.

3. Bisnis Jualan buah-buahan segar terutama kurma

ide bisnis di bulan ramadhan, jualan kurma
ide bisnis di bulan ramadhan, jualan kurma

Kurma adalah buah yang sangat identik dengan negara timur tengah, buah yang satu ini memiliki permintaan dan penjualan meningkat drastis pada bulan Ramadhan. Mungkin karena adanya kebiasaan masyarakat Indonesia, yang belum afdol berbuka puasa ketika tidak ada buah kurma. 

Jika Anda ingin memulainya, dari sekarang Anda sudah bisa mencari agen kurma di Indonesia. Untuk menjualnya kembali, Anda perlu mengemas ulang kurma tersebut dengan berat yang Anda tentukan.

Karena buah kurma ini adalah buah yang lumayan awet, maka ini menjadi keuntungan Anda untuk menjual online guna memperluas pasar dan pembeli.

Pada bulan Ramadhan, bukan hanya buah kurma saja yang permintaannya banyak, tetapi buah yang lain juga banyak, sebab selain buah untuk dikonsumsi pribadi, juga bisa untuk bahan dasar jus buah atau campuran es buah. 

Tentu sangat bagus jika Anda punya koneksi agen atau distributor buah, bisnis ini jangan sampai terlewatkan. Karena waktu dan kesempatan adalah uang bagi para pebisnis.

4. Bisnis bumbu instan dan frozen food

ide bisnis di bulan ramadhan, jualan bumbu instan/frozen food
ide bisnis di bulan ramadhan, jualan bumbu instan/frozen food

Selain dari bisnis minuman, kue takjil, dan buah. Bisnis bumbu instan dan frozen food ini adalah ide bisnis di bulan Ramadhan yang penjualannya ikut meningkat.


Kenapa meningkat? sekarang coba Anda bayangkan, ketika Anda telat bangun waktu sahur, tentu sangat mepet dengan waktu imsak, tidak mungkin mau mengolah menu makanan yang cukup memakan waktu. 

Bumbu Instan dan frozen food adalah solusinya, masih dapat meminimalisir waktu untuk mengolah menu sahur. 

Untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal besar bukan? hanya memerlukan skill memasak. 

Tips untuk menjualnya, Anda bisa memulai di sore hari, di alun-alun kota yang banyak orang berburu takjil, dengan penawaran dan tampilan bungkus yang menarik maka menjadi nilai tambah untuk menarik daya pembeli. Anda juga bisa menjual online di marketplace populer di Indonesia. Baca Juga: 7 kesalahan sepele yang umum dilakukan orang saat membuka bisnis online

5. Bisnis katering, menyediakan menu buka dan sahur.

ide bisnis di bulan ramadhan, buka katering
ide bisnis di bulan ramadhan, buka katering

Hal ini berbeda dengan bumbu instan dan frozen food, tapi memiliki kasus yang hampir sama. 

Contoh kasus buka puasa: di perkotaan yang banyak orang kerja kantoran, tentu sangat tidak mungkin untuk membuat menu buka puasa, karena mereka pulang kerja saja sudah mepet dengan waktu buka puasa. nah bisnis katering ini bisa menjadi solusinya.

Contoh kasus menu sahur: zaman sekarang banyak orang tidak mau ribet, contohnya dengan mempersiapkan menu sahur, apalagi pas bangun telat. Tentu beda dengan waktu buka puasa, yang mana masih sore hari banyak penjual atau restoran yang buka. Jika Anda membuka katering menu sahur, tentu menjadi solusi bagi mereka. 


Untuk memulai bisnis ini tidak perlu modal besar, hanya membutuhkan ketekunan untuk melayani pembeli dengan sepenuh hati. Karena jika pelayanan dan respon dari penjual tidak baik, siap-siap pembeli kabur. Ingat! pembeli adalah sumber uang, jangan biarkan uang itu lari dari Anda.

6. Bisnis open order kue/jajan lebaran

ide bisnis di bulan ramadhan, op jajanan lebaran
ide bisnis di bulan ramadhan, op jajanan lebaran

Jajanan atau kue kering menjadi sangat diburu ketika memasuki bulan Ramadhan, di pusat perbelanjaan pun sudah jauh-jauh hari memajang kue kering untuk kebutuhan lebaran nanti. 

Model bisnis ini bisa dilakukan di rumah, dan biasa digeluti oleh ibu rumah tangga, jika Anda bisa mengolah dan membuat bentuk kue unik-unik, maka jangan lewatkan kesempatan ini.

Untuk memulainya bisa dari sekarang, mulai dari membuat tawaran open order aneka kue lebaran. Berkat kemajuan teknologi juga mempermudah bisnis ini untuk menjualnya secara online. 

Kebutuhan bahan mungkin bisa Anda belanjakan dari sekarang, sebab biasanya pada waktu lebaran atau mendekati lebaran, harga bahan-bahan sudah mulai naik. jadi persiapkan semua dari sekarang jika Anda ingin memulainya.

7. Bisnis parsel lebaran

ide bisnis di bulan ramadhan, bisnis parsel
ide bisnis di bulan ramadhan, bisnis parsel

Ketika Idul Fitri sudah tiba, banyak orang berburu parsel atau bingkisan yang akan dikirim ke sanak saudara, teman, atau kolega bisnis. 

Jika Anda mempunyai ketelatenan merangkai bingkisan, maka ini kesempatan bisnis untuk Anda. 


Daya tarik dari parsel itu sendiri adalah dari pengemasan dan varian isinya. Oleh sebab itu diperlukan kreatifitas untuk memulai bisnis parsel.

8. Bisnis fashion/baju muslim

ide bisnis di bulan ramadhan, bisnis fashion muslim
ide bisnis di bulan ramadhan, bisnis fashion muslim

Baca Juga: Daftar platform dropship terbaik di Indonesia

Bisnis yang satu ini tidak perlu diragukan lagi akan kebenarannya tentang meningkatnya permintaan konsumen dengan fashion muslim. 

Ketika bulan Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri, tren pasar baju muslim meningkat tajam seiring dengan permintaan konsumen yang tinggi. Kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan untuk menjajal bisnis fashion muslim. 

Jika Anda sebelumnya sudah terpikir ingin membuka usaha baju muslim dan bingung mencari waktu yang tepat. Nah, saat ini lah yang tepat, 2-1 bulan sebelum Ramadhan adalah waktu emas untuk memulai bisnis ini.

Memanfaatkan momentum besar Ramadhan untuk mengenalkan toko Anda kepada masyarakat adalah ide bagus, ditambah dengan promo-promo yang menarik perhatian calon pembeli jualan Anda.

Penutup

Baca Juga: 17 tips ampuh menjadi pengusaha sukses dari nol

Dari berbagai macam ide bisnis di bulan Ramadhan ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk memulai bisnis di bulan Ramadhan tahun ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika Anda menggelutinya dengan usaha keras dan ulet, bisnis ini bukan hanya menjadi bisnis musiman saja, melainkan bisa Anda jalankan terus menerus menjadi bisnis yang menguntungkan. 

Terima kasih sahabat preneur, semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda. 


Selamat berjuang dan sukses!


Default image
Azizah
Wonder mom off one hero | Penulis tetap di Beritapreneur.com | co-Founder & CEO off Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page