Jangan Biarkan Skillmu Tertinggal


Jangan Biarkan Skillmu Tertinggal
Jangan Biarkan Skillmu Tertinggal

Sejak orang-orang berpikir kembali tentang masa depan pekerjaan mereka, dan banyak yang googling “bagaimana cara meningkatkan skill diri sendiri” dengan harapan menemukan harapan yang jelas. Maka dari itu jangan biarkan skillmu tertinggal.

Jika ini beresonansi denganmu, tidak perlu khawatir. Banyak orang sekarang menyadari bahwa mereka tidak dapat hanya mengandalkan satu sumber pendapatan.

Kamu sudah menyadari, memiliki sumber pendapatan yang aman adalah penting. Tapi apa yang terjadi jika ada yang tidak beres? Apa artinya itu bagi posisimu?


Tidak menjadi masalah jika kamu memang seorang karyawan atau CEO. Apa yang kita butuhkan adalah beberapa sumber pendapatan yang bisa diandalkan.

Kita tidak bisa selalu menaruh telur kita dalam satu keranjang, kan?

Untungnya, ada banyak cara untuk mempelajari cara meningkatkan diri sendiri. Semakin banyak skill atau keterampilan yang kamu kembangkan, semakin banyak sumber pendapatkan yang kamu peroleh.

Kamu pikir sekali lagi ya, di dunia saat ini orang-orang harus tetap berada di puncak tren untuk terus bergerak maju dengan karir mereka. Benar tidak?

Jadi kamu merenung, ”bagaimana cara saya upskill sendiri” kamu cukup mengingat hal-hal berikut:

Tidak Perlu Keluar Rumah

Belajar cara upskill sendiri bukan berarti kamu harus bertemu langsung untuk pelatihan, seminar, dan sebagainya.


Bahkan, ada lebih banyak peluang yang kamu temukan secara online. Ada pelatihan online untuk hampir semua hal.

Silakan – cari di Google untuk segala jenis pelatihan online dan berlatih sendiri di rumah.

Seperti yang kamu lihat, teknologi memungkinkan kammu untuk terhubung dan belajar dari siapa saja yang kamu temukan secara online.

Tingkatkan Terus Pengetahuanmu, dan Jangan Pernah Merasa Puas

Baca Juga Kunci Kesuksesan

Tidak peduli berapa tahun kamu di industrimu, selalu ada ruang untuk pertumbuhan. Dan untuk tumbuh, kamu perlu mengambil keputusan dan tindakan sebanyak mungkin.

Tidak peduli apakah kamu bergelar sarjana atau telah berbisnis sejak kecil, akan selalu ada tren pasar baru.

Buku pelajaran perguruan tinggi sering tertinggal. Bahkan lebih sering, smartphone yang kamu gunakan membutuhkan upgrade versi untuk membuat pekerjaan jauh lebih mudah. Tren dan teknologi baru terus bermunculan. Kamu jangan lengah, jika lengah sedikit, bersiap untuk tertinggal jauh.

Ini selalu menawarkan kesempatan yang lebih besar bagimu untuk meningkatkan skill mu. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan pengetahuanmu.

Atur LinkedIn-mu
LinkedIn

Linkedin seperti tambang emas B2B, tahu yang dimaksud B2B (Business to business). Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin terhubung dengan klien potensial atau mitra bisnis.


Ini juga merupakan sumber daya untuk pekerjaan, perekrutan, atau tetap up to date dengan berita industri baru.

Menurut pemasaran LinkedIn, 61 juta pengguna LinkedIn adalah influencer tingkat senior dan 40 juta memegang posisi direktur atau CEO.

Jadi, jika belum punya akun LinkedIn, tunggu apa lagi?

Pastikan kamu menyiapkan profilmu dengan profesional, profil profesional, mengisi bio, mencantumkan semua keterampilan dan pengalamanmu.

Jika profilmu sudah siap, mungkin akan ada teman atau orang baru yang ingin terhubung dengan LinkedIn-mu.

Ketika itu terjadi, lebih banyak peluang akan muncul. Dan ini bisa sebagai alat vital kamu untuk mempercepat karir.

Juga lebih mudah untuk membangun jaringan melalui LinkedIn daripada menghadiri beberapa acara sepanjang tahun. Dan jika kamu seorang pemilik bisnis, kamu dapat dengan mudah melihat apa yang dilakukan pesaingmu dan melihat apa yang dapat kamu tingkatkan. Terakhir kamu juga bisa mencari karyawan dengan skill yang kamu mau.


Tetap Dalam Circle Blog, Podcast, Media Sosial, Dll.
Podcast

Jika kamu ingin tetap di depan kompetisi atau mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan, kamu harus berada circle itu.

Berada dalam circle berarti mengetahui apa yang terjadi di karirmu. Dan kamu jadi tahu peluang  seperti apa yang baik.

Tidak ada tempat yang lebih baik dan free untuk mendapatkan pengetahuan upskill daripada Blog, Podcast, dan Media sosial. Anda harus lebih banyak membaca dan menderngarkan untuk terus mengasah dan meningkatkan skill mu.

Kamu juga bisa berlanggan berita yang relevan untukmu, dan itu free seperti Beritapreneur.com, Anda bisa mengaktifkan notifikasi untuk mendapatkan artikel terbaru.

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, coba kamu pikirkan pemimpin yang kamu kagumi atau yang cocok kamu jadikan role model. Lalu ikuti mereka disetiap platform. Dengan begitu, kamu tetap dalam circle-nya dengan informasi baru.

Asah keterampilan public speaking & copywriting
Copywriting

Belajar cara berbicara dan menulis dengan benar adalah nilai tambah utama dalam pekerjaan apa pun. Selain itu, mempelajari keterampilan persuasi di keduanya akan memberimu hal-hal yang kamu inginkan.

Baca Juga 17 Tips menjadi pengusaha sukses dari nol

Coba bayangkan, ketika kamu bisa closing cukup lewat telepon dan melalui menulis, kamu akan membuat lebih banyak orang mendengarkanmu dan tertarik.


Keterampilan ini akan memungkinkan kamu untuk meyakinkan orang untuk bekerja denganmu, atau mengubah pikiran mereka. Kamu juga akan mengenal emosi mereka yang sebenarnya.

Doesn’t that sound powerful?

Seringkali, orang tertolak melakukan closing di telepon. Bisa jadi karena mereka introvert atau karena mereka belum memiliki kemampuan berbica dengan baik.

Sama dengan belajar tentang copywriting yang baik. Beberapa orang lebih suka berbicara daripada menulis. Namun, jika kamu mengasah keterampilanmu dengan keduanya, kamu akan segera tahu cara meningkatkan potensimu sendiri.

Coba Buka Potensi Kepemimpinanmu

Kepemimpinan

Tidak masalah jika kamu bukan pemilik bisnis, influencer, atau selebriti. Kamu masih perlu mengembangkan fondasi kepemimpinan untuk semua aspek kehidupan.

Untuk menjadi pemimpin yang hebat, kamu harus tahu bagaimana memimpin dirimu terlebih dahulu.

sebagian besar organisasi lebih suka memiliki banyak pemimpin di dalam perusahaan. Itu karena setiap orang akan memiliki keterampilan untuk mengelola dan bertanggung jawab.


Ketika ada banyak pemimpin dalam tim, produktivitas meningkat. 91%  perusahaan mengatakan pelatihan upskilling telah meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Jika kamu tidak dapat memimpin diri sendiri, bagaimana kamu berharap untuk memimpin orang lain?

Jika kamu mempelajarinya, kamu dapat berbagi pengetahuan dan melatih anggota tim. Dengan begitu, kamu akan dipandang sebagai ahli dalam apa yang kamu lakukan.

Ketika kamu membantu orang lain menang, kamu akan mendapatkan imbalan untuk itu, apakah dengan pengalaman atau promosi lain.

Baca Kapanpun Kamu Bisa

super hero yang sibuk aja masih sempat membaca

Tidak ada keraguan bahwa setiap pengusaha sukses banyak membaca. Dan ada alasan mengapa mereka terus melakukannya bahkan sesibuk apapun mereka, mereka meluangkan waktu untuk membaca.

Baca Juga Tips agar bisnis anda semakin berkembang

Itu karena mereka ingin terus belajar, dan mereka ingin terus berpenghasilan.

Kamu juga tahu, setiap kali kamu membaca buku, kamu akan merasa jauh lebih pintar. Ini juga tergantung pada jenis buku yang kamu baca.


Sebagian besar pengusaha suka membaca buku tentang upskilling, pola pikir, pengembangan pribadi, dan banyak lagi. Ini akan membantumu mendapatkan lebih banyak kejelasan tentang tujuan yang ingin kamu capai dengan topik seperti ini.

Katakanlah, misalnya, kamu seorang marketing. Jadi buku apa yang harus kamu baca?

Penulis buku biasanya memiliki pelajaran mendalam yang mereka ingin pembaca tahu dan kesalahan apa yang tidak dibuat. Dan rahasia ini tidak dapat ditemukan ditempat lain kecuali selesai membaca buku.

Keluar dari Zona Nyaman

Freedom

Terlalu nyaman bisa menjadi tanda bahaya.

Ketika kamu terlalu nyaman dalam kehidupannya biasanya kamu lupa untuk meningkatkan kualitas dirimu sendiri. Saat itulah karir bisa tidak ada kemajuan dan perkembangan karena sudah merasa nyaman atau merasa baik-baik saja posisinya.

Padahal zaman menuntut kita untuk terus berkembang dan berinovasi.

Dalam keadaan yang demikian, tentu kamu tidak menginginkan suatu hal kurang baik terjadi pada karir atau usahamu, yang harus kamu lakukan adalah keluar dari zona nyaman dan memberi tantangan pada dirimu sendiri untuk lebih baik dan berkembang.


Hal yang bisa saja muncul karena keluar dari zona nyaman adalah wawasan baru, lebih banyak peluang, bertemu orang-orang yang menginspirasi dan hal lainnya. Kamu tidak akan tahu apa hasilnya jika kamu keluar dari zona nyaman, bisa saja hasilnya sangat jauh lebih baik dari sebelumnya.

Menjaga diri

Yoga

Baca Juga Kunci Kesuksesan

Bersikap baik pada diri sendiri adalah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan untuk dilakukan. Sebagian dari kita terlalu sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan pribadi kita, sehingga kita lupa akan kewajiban untuk menjaga diri kita sendiri.

Berhenti sejenak dari pekerjaan sangat perlu guna untuk merefresh kembali pikiran kita, setelah itu kita bisa melanjutkan pekerjaan dengan kondisi tubuh yang lebih baik dan dengan ide-ide segar.

Kamu bisa mengatur jadwal keseharian kamu dan menyisipkan waktu pada jadwal kamu untuk bersantai, misalnya beberapa menit waktu santai di pagi atau sore hari, waktu tersebut bisa kamu isi dengan melakukan hobimu, jalan-jalan santai, atau aktifitas santai lainnya yang pada intinya kamu benar-benar tidak memikirkan sejenak tentang pekerjaanmu.

Penutup

Jika kamu bertanya-tanya apakah sekarang adalah waktu terbaik untuk fokus pada upskilling sendiri? Jika iya, ingat tips diatas.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page