5 Karakter Utama Kepemimpinan yang Dibutuhkan dalam Bisnis


5 Karakter Utama Kepemimpinan

Karakter utama kepemimpinan wajib dimiliki saat Anda ingin menjalankan suatu bisnis agar berjalan lancar. Dalam bisnis, tidak mungkin jika kita melakukan semua pekerjaan seorang diri karena pasti kita membutuhkan pihak lain agar pekerjaan menjadi lebih mudah.

Setiap orang rasanya memiliki keinginan untuk berbisnis, tapi tidak semuanya memiliki kemampuan dalam bisnis. Tidak sembarang orang bisa memulai bisnis dan menjadi sukses karena diperlukan jiwa kepemimpinan untuk mengatur bisnis dan mengelolanya.

Karakter Utama Kepemimpinan dalam Bisnis

Persaingan bisnis semakin hari semakin ketat sehingga kita harus melakukan berbagai upaya untuk bisa bertahan di tengah persaingan tersebut. Salah satunya dengan mengembangkan karakter kepemimpinan yang dibutuhkan pelaku bisnis agar semakin sukses.


Setiap pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan yang memadai karena nantinya ia akan memimpin anggota karyawan untuk memenuhi tanggung jawabnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa karakter kepemimpinan yang diperlukan dalam bisnis.

1. Pembelajar

Karakter utama kepemimpinan yang harus dimiliki pebisnis adalah karakter sebagai pembelajar. Seorang pebisnis dengan jiwa kepemimpinan tentu bersedia untuk terus belajar dan mengasah kemampuannya, baik di pendidikan formal maupun pendidikan non-formal.

Baca juga: Jangan biarkan skillmu tertinggal

Kehidupan terus mengalami perubahan sehingga seorang pebisnis harus memiliki pengetahuan dan wawasan luas sesuai dengan bidang bisnisnya. Pengetahuan seperti inilah yang memudahkan para pebisnis untuk mengarahkan karyawan atau pegawainya.

Untuk mengasah karakter pembelajar ini, Anda bisa mengikuti pelatihan atau kursus untuk menambah pengalaman dalam berbisnis. Bekal pengalaman dan pengetahuan ini akan membawa bisnis Anda menjadi lebih maju, tidak kalah dengan persaingan bisnis yang ketat.

2. Pelayan

Karakter utama kepemimpinan yang berikutnya adalah sebagai pelayan. Maksudnya, seorang pebisnis harus bisa melayani setiap anggotanya dalam konteks profesionalisme bekerja jadi seorang pemimpin bukan hanya memberikan perintah pada anggotanya.

Pada dasarnya, seorang pemimpin memang memiliki hak untuk memberikan tugas atau perintah pada anggotanya dengan baik. Namun, seorang pemimpin tidak semata-mata menyuruh saja tapi juga harus bisa melayani setiap anggotanya agar nyaman dalam bekerja.


Kenyamanan anggota karyawan dalam bekerja pada akhirnya juga akan berpengaruh pada kinerja dan performanya sehingga seorang pemimpin harus memberikan pelayanan terbaik bagi anggota. Jadi, pastikan Anda memiliki karakter kepemimpinan yang satu ini.

3. Pembawa Energi Positif

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis dengan jiwa kepemimpinan, kembangkan karakter pembawa energi positif. Seorang pebisnis harus memiliki energi positif dan selalu bersemangat sehingga bisa dibagikan pada anggota karyawan yang lain.

Energi positif ini bisa didapatkan jika Anda ikhlas dan memiliki keinginan untuk sukses bersama anggota yang lain. Dengan energi inilah seorang pemimpin atau pemilik usaha mampu menjalin hubungan baik sehingga suasana kerja menjadi lebih menyenangkan.

Karakter pembawa energi positif inilah yang harus Anda kembangkan agar kerja sama tim menjadi lebih baik. Dukungan seorang pemimpin inilah yang bisa membawa kesuksesan karyawannya melalui performa dan kinerja yang lebih memuaskan.

4. Fasilitator

Bisnis bisa berjalan dengan lancar jika Anda bisa menjadi pemimpin dengan karakter sebagai fasilitator. Karakter utama pemimpin ini mengharuskan Anda untuk mendelegasi pekerjaan dan memfasilitas karyawan agar pekerjaan berjalan dengan baik dan sesuai tujuan.

Karyawan akan lebih bersemangat dan memberikan kinerja yang memuaskan apabila tanggung jawab dan tugas yang diberikan sesuai dengan kemampuan mereka. Apalagi jika Anda memberikan fasilitas lengkap pada karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Sebagai fasilitator, Anda tidak boleh ikut campur pada proses kinerja karyawan, tapi lebih ke memberikan dukungan agar pekerjaan terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, Anda juga harus tahu apa yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut dalam melakukan tugasnya.

5. Penasihat

Karakter terakhir yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam bisnis adalah sebagai penasihat. Setiap anggota karyawan merupakan tanggung jawab dari pemimpinnya sehingga seorang pemimpin harus memiliki kelebihan dan kecakapan dalam memengaruhi orang lain.


Seorang karyawan terkadang melakukan kesalahan atau kinerjanya kurang sesuai, maka sebagai penasihat Anda harus bisa memberikan saran yang baik. Dengan kemampuan persuasif, Anda akan lebih mudah memberikan nasihat pada anggota karyawan.

Penutup

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis, pastikan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan melalui beberapa karakter penting yang sudah kita bahas di atas. Dengan karakter utama kepemimpinan tersebut, Anda bisa menjalankan usaha dengan baik.

credit foto: https://unsplash.com/photos/ICE__bo2Vws


Default image
Ayyi
a man with hoodie

You cannot copy content of this page