Kunci Kesuksesan Lakukan Hal Ini


Kunci Kesuksesan lakukan hal ini

Menjadi super sukses tentu tidak semudah membalikkan tangan, harus ada beberapa kebiasaan yang harus kita lakukan. Berikut kunci kesuksesan lakukan hal ini.

Kunci Kesuksesan Lakukan Hal Ini

Orang-orang yang lebih produktif dan sukses rata-rata mereka menggunakan waktu dengan efektif.

We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit.

Aristoteles

Jadi begini, apa yang kita lakukan setiap hari itu mencerminkan diri kita. Kita unggul bukan karena tindakan tapi karena kebiasaan.


Intermeso “Biar lebih seru siapkan camilan dulu ya”

Larue

Sedikit cerita, panggil saya Larue “laru”.

Baca Juga 5 Peluang Usaha Modal Kecil di Masa Pandemi

Saya dulu pernah melanggar rutinitas yang baik, lalu keluar dari kantor. Karena saya berpikir, saya tidak harus menjalani hidupku dengan aturan orang lain.

Tahu tidak apa yang kudapat? Tidak memiliki rutinitas terstruktur jauh lebih membebani mental, fisik dan emosional daripada rutinitas apapun yang pernah ada!

Akhirnya saya memutuskan untuk berubah mengambil jalan yang berbeda. Sejak itu saya mulai bentuk kebiasaan mulai dari membuat plan kerja tiap hari dan tiap minggunya. Dengan ini menjadi lebih terstruktur.

Dan apa yang saya rasakan sekarang jauh lebih berbeda dari sebelumnya. Saya merasa punya energi setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Hidup saya lebih mudah dan mental saya tidak terbebani. Tidak ada pekerjaan yang tertunda gara-gara ini. Akhirnya saya menjadi kecanduan dengan rutinitas saya.

Kenapa kita Membutuhkan Rutinitas

Anda mungkin perlu diyakinkan tentang manfaat menciptakan rutinitas.


Menumbuhkan rutinitas harian yang positif adalah investasi diri. Ini juga memberikan manfaat tambahan seperti memberikan Anda untuk membangun struktur untuk kemajuan Anda.

Mengikuti rutinitas harian dapat membantu kita menetapkan prioritas, membatasi penundaan.

Hari ini, saya memiliki lebih banyak motivasi dan dorongan yang membuat mencapai tujuan saya lebih mudah dan lebih memuaskan. Saya memiliki banyak kekuatan fisik dan mental untuk melawati hari-hari saya, bahkan dalam kondisi yang terburukpun,  saya masih merasakan kebahagiaan dan kepuasan dengan kualitas hidup saya.

Saya paham, menciptakan kebiasaan baik tidak semudah apa yang kita ucapkan. Bahkan ada yang mengatakan “kebiasaan baik sulit terbentuk tetapi mudah untuk ditinggalkan. Kebiasaan buruk mudah terbentuk tetapi sulit ditinggalkan.”

Berikut ini adalah sesuatu yang penting untuk diingat ya: Apa yang berhasil untuk orang lain mungkin tidak untuk Anda.

Maka dari itu kenapa penting bagi kita untuk memilih kegiatan yang paling beresonansi dengan kita, yang mendorong kita menjadi yang terbaik sesuai kemampuan kita, dan semangat untuk terus melakukan hal-hal itu.

Jangan takut mencoba hal-hal baru dan lihat bagaimana hal baru itu membawa Anda sampai kemana. Jika hal baru itu bisa membuat Anda semangat dan menjadi hal positif bagi Anda maka lakukan terus, dan jika tidak teruslah mencoba hal-hal baru sampai Anda menemukannya.

Kuncinya adalah buat pola harian yang teratur dan konsisten!


Sekarang, mari kita masuk ke beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam rutinitas untuk mendapatkan hal yang jelas.

1. Berpikir positif dan Mulai Hari dengan Doa

Ternyata berpikir positif membantu mengelola stres dan bahkan meningkatkan kesehatan kita.

Mulai berpikir positif ketika bangun tidur, rasakan dan coba kontrol pikiran Anda untuk berfikir positif, dan jangan biarkan ketika bangun tidur merasa terbebani berat dunia di pundakmu.

Entah anda menjalankan hari atau hari menjalankan Anda.

Jim Rohn

Rangkai kalimat positif itu untuk Anda.

Sisihkan waktu Anda untuk berdoa kepada Tuhan semesta alam dan lakukan perenungan evaluasi diri.

2. Buat Jadwal Libur dan Jadilah Proaktif

Ketika Anda bangun di pagi hari, apakah Anda langsung ambil smartphone lalu scrolling sosial media? Jika demikian, Anda memulai hari libur dalam mode reaktif, bukan proaktif.

Lakukan pendekatan untuk diri Anda sendiri, jangan menghabiskan bagian terbaik di hari itu pada prioritas orang lain.


Misal contoh, Jika Anda membuka YouTube, Instagram, lalu ngepoin orang, ini berpotensi membuat Anda tidak konsentrasi pada masalah atau kekhawatiran Anda sendiri.

Mulailah hari-hari Anda yang fokus pada Anda secara tidak langsung Anda jauh lebih baik untuk membantu orang lain dan mendapatkan lebih banyak waktu yang bermanfaat sepanjang hari.

3. Siapkan Mental dan Visualisasikan Kesuksesan Anda

Dalam buku seri Chicken Soup for the Soul menyarankan agar Anda berlatih visualisasi 10 menit sehari hal ini “memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar Anda”.

Cukup tutup mata Anda dan bayangkan diri Anda unggul dan menjadi yang terbaik. Tempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda mencapai mimpi Anda.

Jangan pernah menyepelekan hal ini, Jika Anda menyepelekan secara tidak langsung seperti itulah level mental Anda. Sesering mungkin ber-evaluasi diri dan jangan pernah mencari celah keburukan orang lain. Jangan membuang waktu ke hal itu.

Pikiran bawah sadar Anda ingin percaya apa  yang Anda katakan itu (baik atau buruk), dan itu akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengubah perintah-perintah itu menjadi kenyataan.

4. Baca Buku

Membaca buku menawarkan banyak manfaat untuk Anda, dan pernah dengan istilah bahwa buku itu adalah Jendela Dunia.


Baca Juga Ide Bisnis dari 3D Printer

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Emory, Membaca dapat meningkatkan kecerdasan Anda, meningkatkan kekuatan otak Anda hingga lima hari, dan bahkan memperkuat kemampuan Anda untuk berempati dengan orang lain.

Manfaat lain dari membaca juga telah ditemukan untuk mengurangi risiko Alzheimer Anda lebih dari dua kali lipat, semua ini sambil membantu Anda merasa lebih santai pada saat yang sama.

5. Tulis Capaian Anda untuk Melatih Kreativitas

Menghabiskan waktu menulis setiap hari membantu Anda menjadi komunikator yang lebih baik, meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat informasi penting, dan meningkatkan kreativitas Anda.

Tulis dalam format buku harian dan Anda juga memiliki manfaat tambahan dari pemahaman diri yang lebih besar.

Tulis saja setiap hari. Saya juga menulis 10 ide, konsep yang saya pelajari dari berbagai sumber. Inti dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kinerja otak Anda dan mendapatkan formula agar kreativitas Anda tetap mengalir.

6. Buat Daftar Tugas Harian

Salah satu cara terbaik untuk siap menghadapi  hari esok adalah membuat daftar tugas.

Saya sendiri membuat perencanaan setiap harinya. Pertama, itu membantu saya merencanakan hari saya dengan cara yang memungkinkan saya untuk mendapatkan hasil maksimal.


Kedua, dengan membuat daftar tugas, saya tahu persis apa yang ingin saya selesaikan dan kapan saya harus melakukannya.

7. Istirahat Teratur Sepanjang Hari

Meskipun semua tips ini dimaksudkan untuk membantu Anda membangun masa depan Anda, beri pikiran Anda untu istirahat.

Mengambil istirahat teratur membuat Anda tidak bosan dan kehilangan fokus. Pada saat yang sama juga bisa meningkatkan fungsi otak Anda.

Saya pikir kita perlu membuat manajemen waktu setiap harinya. Saya sendiri juga memakainya, hanya saja jika kelewat sedikit istri saya yang mengingatkan.

Berikut adalah contoh cara kerja manajemen waktu.

  1. Memilih tugas (hanya satu tugas dalam satu waktu)
  2. Mengatur timer selama 30 menit
  3. Kerjakan tugas Anda hingga timer berdering.
  4. Istirahatlah selama 5 menit
  5. Ulangi langkah 1 hingga 4, tiga kali lagi, diikuti dengan istirahat 15 menit.

Menurut National Sleep Foundation tidur siang singkat 20 hingga 30 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan bahkan kinerja Anda.

Untuk menghindari kebosanan, membaut  action plan atau rundown harian bisa menjadi solusi. Karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan satu hal dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus dan minat. Ini jadi bahaya bukan. Silahkan sesuaikan dengan task Anda.


Penutup

Berkaca dari Jack Dorsey, salah satu pendiri Twitter dan Square, mengelola kedua perusahaan pada saat yang sama tanpa kewalahan, hebat bukan?

Baca Juga 5 Peluang Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

Dia melakukan ini dengan menyisihkan tugas yang berbeda setiap harinya dalam seminggu, contohnya:

  • Senin: Manajemen
  • Selasa: Produk
  • Rabu: Pemasaran
  • Kamis: Pengembangan dan kemitraan
  • Jumat: Perekrutan perusahaan dan Budaya
  • Sabtu: Hari libur
  • Minggu: Refleksi dan strategi

Cara seperti ini bisa membantu mengurangi beban otak kita.

Catatan kecil

Sukses tidak harus berkaitan dengan materi, semua orang punya perspektif berbeda-beda mengenai sukses.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat. Take a deep breath and action!


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page