Begini Cara Sultan Menginvestasikan Uang Mereka


cara sultan menginvestasikan uang mereka
ilustrasi cara sultan menginvestasilkan uang mereka

Begini Cara Sultan Menginvestasikan Uang Mereka

Bagaimana cara sultan menginvestasikan uang mereka masih menjadi rahasia yang ingin banyak orang ketahui. 

Dengan mata kepala kita, sering kali melihat orang-orang kaya tersebut menginap di hotel mewah, bisa liburan ke luar negeri, dan punya mobil sport.

Apa uang mereka tidak habis? yang jelas, orang kaya tidak se-ceroboh itu untuk menghabiskan uang mereka begitu saja. Apa yang mereka dapatkan dan nikmati itu hanya dari pendapatan pasif mereka, sedangkan kekayaan bersih mereka masih utuh dan bertambah terus. 


Sebenarnya yang harus kita pertanyakan adalah, bagaimana cara mereka bisa dapat uang banyak? atau, bagaimana cara mereka menginvestasikan uangnya?

Ok, disini kita akan membahas bukan hanya bagaimana cara sultan menginvestasikan uang mereka? tetapi juga bagaimana cara kita menginvestasikan uang kita? dan beberapa contoh apa saja yang harus kita investasikan.

Karena hal ini sering kali menjadi pertanyaan banyak orang mengenai bagaimana cara menginvestasikan uang mereka dengan tepat, termasuk kita. 

Bukan hanya orang yang punya cukup uang di tabungan mereka tapi orang yang punya  banyak uang-pun di tabungan mereka juga masih membutuhkan bimbingan tentang bagaimana harus menginvestasikan uang.

Dalam berbagai sumber di luar sana, sangat banyak ragamnya dan mungkin tidak sedikit pula orang yang menyarankan Anda berinvestasi, entah itu investasi di pasar saham/stock market, real estate/property, reksa dana, dan komoditas cryptocurrency.

Sebenarnya apa yang harus Anda investasikan itu bergantung pada berbagai banyak faktor, contohnya meliputi kekayaan bersih Anda, prioritas Anda, pengetahuan dan apa yang Anda pahami mengenai investasi, dan yang terpenting mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda. 


Dari segala hal yang kita bahas di atas, penting untuk Anda perhatikan adalah, berinvestasi yang baik untuk Anda belum tentu baik untuk orang lain, sebab masing-masing orang punya pengetahuan dan pemahaman yang berbeda-beda di bidang tertentu. Selain itu pula semua orang mempunyai prioritas dan minat yang berbeda-beda. 

Sekarang kita mulai pembahasannya, Baca Terus.

1. Berinvestasi pada instrumen yang Anda pahami

Warren buffett cara orang kaya menginvestasikan uang mereka
Warren Buffeet

Ini adalah rahasia pertama para sultan, bahwa mereka menginvestasikan uang pada instrumen atau hal-hal yang mereka pahami. 

Anda mungkin tahu Warren Buffett, beliau berkata “Jangan pernah berinvestasi dalam bisnis yang tidak dapat Anda pahami.” Baca juga: Kunci kesuksesan lakukanlah ini

Antara Bill Gates dan Warren Buffett mereka memiliki hubungan pertemanan yang hebat, tetapi Warren tidak berinvestasi di perusahaan teknologi atau saham teknologi. Oleh sebab itulah Warren adalah investor terpintar, dia tidak berinvestasi pada apa yang tidak dipahami. 

Prinsip yang dipakai oleh Warren ini layak kita ikuti. 

Kebanyakan para sultan ini menginvestasikan uang mereka pada instrumen yang mereka pahami.
Jika pernah mencoba berinvestasi pada hal yang tidak Anda tahu, hanya karena Anda melihat teman sukses atau melihat tawaran tips yang besar, itu keputusan yang menggebu-gebu dan ceroboh. Jangan pernah membeli mentalitas ingin cepat kaya mendadak. kalau kata Dan Lok itulah mental investor amatir.

2. Pakai rumus sederhana para sultan dalam berinvestasi

cara menginvestasikan uang mereka
ilustrasi seorang investor

Menurut penjelasan dari Dan Lok orang-orang kaya atau para sultan itu selalu ingin tawaran investasi datang kepada mereka setiap harinya dari berbagai sumber, bisa dari broker, atau dari internet. 


Dan orang-orang kaya memakai rumus sederhana ini: 100, 10, 3, 1. yang artinya Anda akan melihat 100 tawaran investasi datang yang kemudian Anda pecahkan menjadi 10 yang layak Anda pertimbangkan, dari 10 itu Anda akan mengerucutkan menjadi 3 pilihan yang memiliki potensi baik, dan dari 3 pilihan itu mungkin Anda akan mengerucutkan lagi menjadi 1 pilihan yang memiliki potensi sangat baik untuk Anda.

Perlu Anda catat, Jika Anda ingin membeli saham, jangan hanya melihat dua atau tiga saham lalu membeli satu di antaranya. Anda perlu melihat banyak pilihan saham lalu memakai seperti rumus di atas.

3. Dalam berinvestasi gunakanlah  logika daripada emosi Anda.

orang yang dibayar oleh cahaya

Sudah banyak sekali contoh kasus seorang investor gagal dalam mengendalikan emosi mereka yang menerjunkan uang mereka dalam investasi atau tindakan yang kurang tepat. Baca juga: 11 Platform dropship terbaik di Indonesia

Jangan menjadi investor amatir, yang kehilangan pasar saham mereka karena emosi yang kurang terkendali, seolah-olah menjadi serakah dan merasa percaya diri ketika pasar saham naik, dan mereka urung untuk menjual. Lalu pasar saham mereka turun dan akhirnya kehilang uang.

Logikanya seharusnya mereka menjual ketika pasar naik yang sudah cukup mengambil untung, bukannya serakah tetap membiarkan pasar yang berharap untung besar, yang akhirnya malah turun lebih cepat.

Para sultan atau orang-orang kaya jika berinvestasi menggunakan logika mereka dari pada emosi, saat mereka sebelum mengambil posisi pasar-pun mereka sudah mempelajari fundamental dan teknikal saham mereka. Oleh sebab itu mereka selalu mengambil keputusan yang tepat dan mengambil untung yang cukup tapi konsisten. 

Contoh lain dari investor amatir adalah ketika mereka membeli properti karena model bangunan bagus, lingkungan yang bagus, atau yang mengingatkan masa nostalgianya. Yang akhirnya melibatkan emosi untuk mengambil keputusan. 


Dalam berinvestasi jangan pernah melibatkan emosi Anda, gunakanlah logika Anda, investasi itu tentang angka, bukan perasaan atau emosi, jadi pikirkanlah apakah masuk akal untuk mengambil investasi dari segi keuangan dan logis?

4. Investasi real estate atau properti

cara menginvestasi uang
ilustrasi inves

Sejauh ini berinvestasi di properti adalah investasi yang paling bagus, bukan paling aman ya. Sebab investasi itu tidak ada yang aman termasuk properti jika Anda tidak memahaminya. 

Secara umum, investasi properti dapat diprediksi, stabil dan dapat dikontrol. ini adalah investasi yang mempunyai potensi baik, bahkan pada saat pasar saham mengalami fluktuasi.

keputusan yang tepat berinvestasi di properti adalah ketika harga properti 20% dari total kekayaan bersih Anda. Namun dalam berinvestasi di properti, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari dan meneliti tentang properti, jika Anda belum melakukan dan bingung harus dimulai dari mana, maka itu pertanda bahwa Anda belum siap.

5. Berinvestasi pada diri sendiri

cara menginvestasikan uang
meningkatkan skill

Apabila Anda belum memiliki uang yang cukup untuk berinvestasi atau masih bingung mau investasi dari mana, alangkah baiknya Anda berinvestasi pada diri sendiri. Baca juga: Jangan biarkan skill Anda tertinggal

Meningkatkan skill dan terus belajar akan meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan Anda, dan ini menjadi aset terbesar Anda ,yang tidak pernah bisa diambil orang lain dari Anda. 

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda? mulailah membaca buku, mengikuti seminar, pelatihan, kursus online atau Anda bisa memanfaatkan program prakerja. Ikutilah beberapa kursus yang dapat meningkatkan skill Anda.


Berinvestasi pada diri sendiri adalah investasi terbesar dari yang pernah ada. Jika skill dan pengetahuan Anda bertambah, akan ada banyak peluang kesuksesan yang dapat Anda kendalikan.

Apabila Anda belum memiliki uang yang cukup untuk berinvestasi atau masih bingung mau investasi dari mana, alangkah baiknya Anda berinvestasi pada diri sendiri. Baca juga: Jangan biarkan skill Anda tertinggal

Meningkatkan skill dan terus belajar akan meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan Anda, dan ini menjadi aset terbesar Anda ,yang tidak pernah bisa diambil orang lain dari Anda. 

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda? mulailah membaca buku, mengikuti seminar, pelatihan, kursus online atau Anda bisa memanfaatkan program prakerja. Ikutilah beberapa kursus yang dapat meningkatkan skill Anda.

Berinvestasi pada diri sendiri adalah investasi terbesar dari yang pernah ada. Jika skill dan pengetahuan Anda bertambah, akan ada banyak peluang kesuksesan yang dapat Anda kendalikan.

Brainstorming tentang bagaimana sultan menginvestasikan uang mereka

Bagaimanapun juga, Anda adalah orang yang terbaik untuk mengambil keputusan tentang apa yang akan Anda investasikan, dan Anda juga paling tahu tentang kekuatan Anda apakah siap berinvestasi besar atau tidak.

Para sultan selalu mencari peluang investasi sebanyak mungkin, dan mereka menyempatkan diri untuk mempelajarinya dan menambah pengetahuan mereka, lalu mereka mengambil investasi pada instrumen yang mereka pahami. 


Sekian, semoga bermanfaat. 

Terima kasih


Default image
Ayyi
a man with hoodie

You cannot copy content of this page