Perencanaan Bisnis Membuka Kedai Kopi


Perencanaan Bisnis Membuka Kedai Kopi
Persiapan yang harus Anda ketahui untuk membuka usaha kopi

Kali ini kami akan membahas tentang perencanaan bisnis membuka kedai kopi.

A. Peluang Bisnis Kedai Kopi

Tren bisnis kopi dari tahun 2009 Hingga sekarang tahun 2021 masih stabil, bahkan dengan banyaknya inovasi sekarang, diperkirakan akan naik dari tahun ke tahun.

Ada satu alasan kuat kenapa bisnis kopi ini semakin naik, yaitu kedai kopi semakin banyak dan inovatif. Peminat bisnis ini juga bukan orang tua justru yang banyak anak-anak muda.


Dan menurut kaum urban, kopi sudah masuk dalam kategori gaya hidup mereka, pergi ke kedai/cafe kopi, itu perlu setidaknya seminggu 2-3 kali, entah itu ketemuan sama teman-teman mereka, atau jumpa calon investor. Cafe/kedai kopi sering jadi sasaran pertama untuk dijadikan tempat santai/serius.

Karena banyaknya persaingan bisnis kopi, maka tak jarang salah satu dari pelaku usaha kopi membuat jelas identitas mereka, salah satunya dengan karakter kopi mereka. Anda yang akan membuka kedai kopipun pasti sudah memiliki karakter tersendiri untuk kedai dan kopi yang Anda racik.

Jika Anda mempunyai karakter untuk kopi yang Anda buat, hal ini bisa menjadi salah satu pemikat pengunjung untuk singgah dan mencicipi kopi seduhan Anda.

Anda tidak salah telah memilih buka usaha kopi karena tren dan peminatnya semakin naik dan bertambah.

B. Persiapan Memulai Bisnis Kedai Kopi

Beberapa langkah umum yang bisa diambil dalam memulai bisnis kedai kopi ini adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Tips ampuh menjadi pengusaha sukses dari nol

1. Membuat Perencanaan Bisnis

Membuat perencanaan bisnis adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, yang berisi strategi atau rencana-rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.


Dengan perencanaan bisnis yang baik, membuat siapapun yang membacanya dapat merealisasikan bisnis tersebut dengan tepat. Apa saja yang harus ada dalam perencanaan bisnis?

  1. Ringkasan eksklusif, Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis.
  2. Latar belakang perusahaan, Latar belakang perusahaan bercerita mengenal data perusahaan, orang-orang dibalik bisnis kita, dan struktur organisasi.
  3. Analisis pasar dan pemasaran, Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kita melakukan pemasaran produk (marketing plan)
  4. Analisis produksi, Analisis produksi menjelaskan sistem operasi bisnis kita. Misal bisnis kita adalah jenis produksi atau manufaktur, dan perlu diketahui bagaimana proses dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi barang-barang dan penagihan.
  5. Analisis SDM, Analisis SDM. Menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan.
  6. Analisis keuangan, Analisis keuangan berisi proyekksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break even point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leerage) dan lainnya.
  7. Rencana pengembangan usaha, Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar atau exit strategy dari bisnis kita.
  8. Risiko usaha, Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misal risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan lainnya.

Intinya.

Sebelum memulai usaha, luangkan waktu untuk menulis atau membuat sebuah perencanaan bisnis.

2. Menentukan lokasi

Dalam bisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Jika lokasi jelas terlihat, mudah diakses akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda. Tetapi karena zaman sekarang yang serba go online maka Anda tidak perlu cemas, Anda bisa memanfaat teknologi sekarang, misal melalui Go-Food, atau Grabfood.

Baca Juga: Tips agar bisnis Anda semakin berkembang

3. Menyiapkan peralatan

Meski cukup sederhana, Anda tetap harus menyiapkan beberapa peralatan untuk memproduksi kopi, misal contoh, mesin expresso, V60, grinder, kettle, coffee digital scale, dan sebagainya.

4. Menyiapkan media promosi

Pemasaran menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis kopi Anda, karena sebagus atau senikmat apapun produk yang Anda buat jika masyarakat gagal mengenal produk itu, maka jadi sia-sia.

Namun saat ini dengan kemajuan zaman yang serba teknologi, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa lakukan pemasaran lewat platform sosial media yang banyak digunakan sekarang.

C. Strategi Bisnis Membuka Kedai Kopi

Baca Juga 7 Alasan pentingnya strategi pemasaran di sosmed

Dalam memulai sebuah bisnis atau usaha, yang diperlukan adalah kreativitas Anda. Dimana Anda harus membuat pembeda antara produk Anda dan pesaing, entah itu dari penyeduhan atau penyajian kopi Anda.

Adapun beberapa ide untuk perubahan ini antara lain sebagai berikut:

  • Buatlah pelayanan take away, hal ini dapat membantu pembeli yang terburu-buru, baik itu mau berangkat atau pulang kerja, kuliah, dan orang yang sedang dalam perjalanan jauh.
  • Berikan kartu member gratis untuk setiap pelanggan baru Anda tanpa ditanya dan ditawarkan. Berikan kartu member itu bersamaan dengan penyerahan kopi dan jelaskan maksud dan tujuan member itu, misal dengan kartu member ini pelanggan dapat diskon 25 persen pada pembelian berikutnya atau sistem poin.

Konsumen akan merasa dihargai karena tanpa ditawar, langsung dapat kartu member, hal ini bertujuan membangun keloyalan konsumen kepada Anda.


Poin tak kalah pentingnya adalah selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli, karena pembeli adalah raja dalam bisnis ini, jangan biarkan pelayanan menurun seiring waktu, justru tingkatkan demi kepuasan pelanggan.

Ciptakan harga yang layak dan pantas bagi calon konsumen Anda, jangan biarkan harga membuat calon konsumen ragu dalam membeli kopi Anda

D. Analisis Biaya Membuka Kedai Kopi

Dalam memulai bisnis, tentunya Anda perlu analis biayanya dilihat dari proyeksi keuntungan terhadap seluruh pengeluaran Anda.

Contoh Analisis sederhananya sebagai berikut:

Modal Awal:

Peralatan Kopi= 7.125.000 (meliputi, Grinder kopi, Kettle, Digital Scale, Expresso maker manual, Vietnam Drip, Aero press, French press, Milk jugs, Thermometer)

Meja dan Kursi (jika ada lokasi fisik)= 3.000.000

Media promosi= 500.000

Biaya lain-lain= 1.000.000

Total= 11.625.000

Biaya Operasional:

Gaji karyawan 1 orang=2.000.000

Sewa tempat (jika ada lokasi fisik)= 2.000.000

Bahan baku kopi= 5.000.000

Gas= 150.000

Listrik dan air= 300.000

Total= 9.450.000

Estimasi Omzet:

Harga rata-rata kopi= 20.000

Estimasi penjualan= 100 cup

Total hari perbulan= 24 hari

Total= 24 X 100 X 20.000= 48.000.000

Laba Bersih:

Omzet – Biaya operasional

= 48.000.000 – 9.450.000

= 38.550.000

Break Even Point (BEP)

Modal awal / laba bersih

= 11.625.000 / 38.550.000

= 0,3 bulan

Kesimpulan: Anda akan mencapai BEP. Atau balik modal dalam waktu 0,3 bulan kurang lebih 9 hari. Bagaimana apakah Anda semakin tergiur dengan membuka kedai kopi?

Penutup

Baca Juga: Kunci kesuksesan, lakukan hal ini

Ada beberapa catatan penting.

Jika Anda menawarkan dengan produk yang umum, maka pesaing Anda sangatlah banyak, ada yang lebih murah, enak atau lebih bervariasi. Agar bisnis Anda menonjol di tengah-tengah persaingan. Anda perlu menciptakan produk dan strategi yang unik.


Membangun hubungan baik dengan konsumen, hal ini memiliki sebuah tujuan jangka panjang, yakni membuat konsumen menumbuhkan loyalitas terhadap produk Anda. Dan pilihlah strategi yang sesuai dengan segmen pasar.

Yang terutama adalah lakukan perencanaan yang dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Selain itu Anda juga dapat terlebih dahulu melakukan riset pasar dan melakukan analisis kelayakan usaha sehingga rencana Anda terpampang jelas ke depan.

Semoga Artikel ini bermanfaat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

sumber informasi:

otten coffee sumber informasi harga perlengkapan kopi

credit hak cipta gambar:

woman holding clear drinking glass photo – Free Coffee Image on Unsplash


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page