Tips Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang


Tips agar bisnis anda semakin berkembang sesuai dengan target anda
Tips Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang Sesuai Dengan Target Anda

Sudah tidak heran lagi, sudah banyak inovasi-inovasi muncul di sekitar kita hingga hari ini pun ada. Misal dari teknologi baru yang menarik hingga model bisnis startup baru. Lalu agar usaha kita tidak tergerus oleh persaingan model bisnis sekarang apa yang harus kita lakukan? Berikut tips agar bisnis anda semakin berkembang.

Tetapi tidak semua perusahaan siap untuk membuat inovasi dalam organisasi mereka. Pasalnya mengubah sistem dan prosedur tempat kerja membutuhkan ketahanan dan fleksibilitas, dan hal ini sangat disayangkan masih banyak orang takut atau terus menolak adanya perubahan.

Ada beberapa ide yang mudah diterapkan, yang dapat membantu menumbuhkan kreativitas dalam bisnis Anda, dan dapat dipastikan bisnis Anda tidak tertinggal oleh zaman.


1. Intrapreneurship

Istilah ini sangat lama, dan sudah dipakai oleh raksasa bisnis seperti Google dan Apple. Ini adalah strategi bisnis untuk membangun inovasi dengan cara melalui ide-ide dari karyawan perusahaan.

Baca Juga kunci kesuksesan

Lebih jelasnya begini, jika Anda menerapkan strategi ini, sama saja Anda memberi kesempatan karyawan untuk menyampaikan ide-ide mereka untuk menciptakan produk atau layanan baru di perusahaan Anda.  Ini yang dinamakan Inovasi, Inovasi yang didapat dari ide-ide karyawan Anda.

Biarkan mereka merasakan atau merasa memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan Anda.

Buat sesi pertemuan dengan karyawan Anda dan biarkan mereka bicara, jika ada karyawan yang kurang tanggap atau (tidak tau harus bagaimana) ini adalah ide buruk. Kumpulkan ide-ide dari mereka dan coba terapkan di perusahaan Anda, jangan takut-takuti mereka atau dihukum jika ide dari mereka tidak sesuai dengan rencana.

Google, Apple, dan Sony, memakai strategi ini.

Contoh inovasi dari mereka Google ada Gmail, Google News, Adsense, Mobil tanpa sopir.


Contoh dari Apple ada Mac, iPod, iTunes, iPhone, iCloud.

Sony ada PlayStation.

2. Eksperiman dan Penghargaan

Para pemimpin perusahaan inovatif itu sudah pakai trik ini. Karena mereka tahu bahwa selain memberi kesempatan karyawan untuk bereksperimen, mereka juga harus memberi penghargaan pada karyawan atas capaian eksperimennya.

Jangan bunuh kreativitas karyawan Anda dengan menakut-nakuti mereka dari kegagalan. Dan beri penghargaan juga pada karyawan yang bereksperimen meskipun itu gagal.

3. Buat Forum Karyawan

Buatkan forum dimana karyawan Anda bisa bebas bereksperimen, kalau di Google seperti Google Cafes, membangun dan menumbuhkan dimana karyawan dapat bertemu untuk mendiskusikan dan menyajikan penelitian, eksperimen, atau ide intrapreneurial mereka.

4. Jadilah Contoh yang Baik

Pemimpin harus menjadi panutan untuk semangat di tempat kerja, memiliki visi yang jelas dan lakukan perubahan.

Baca Juga Lakukan Hal Ini Agar Anda Menjadi Pemimpin yang Baik

Masa depan perusahaan Anda diputuskan hari ini. Jika Anda meresa perusahaan tertinggal dalam kecepatan inovasi, tidak perlu takut. Ketakutan adalah musuh nomor satu kreativitas, dan kreativitas adalah kunci untuk membuat inovasi di perusahaan Anda.

Lalu Apa dan Bagaimana Perusahaan Kecil Dapat Berinovasi Seperti Perusahaan Besar.

Baca Juga 5 Peluang Usaha Kecil yang Menguntungkan

Kecepatan dalam  berinovasi adalah jawaban yang membedakan organisasi tertentu dari organisasi lain, tapi terlalu cepat juga tidak baik, juga bisa berbahaya jika tidak ditangani dengan benar.


Di era inovasi dan transformasi digital, banyak perusahaan kecil yang telah melesat tinggi ketimbang pendahulunya.

Perubahan ini sebagian besar disebabkan oleh perusahaan dan startup kecil. Keberhasilan mereka cukup menjanjikan di masa depan.

Tapi apa yang membuat startup kecil itu lari jauh meninggalkan pendahulunya? Sementara begitu banyak perusahaan lain tumbuh perlahan bahkan tidak sama sekali.

Jawabannya adalah,  perusahaan besar pada umumnya memiliki struktur dan lapisan birokrasi yang panjang untuk dilalui, belum lagi karyawan yang ribuan, banyaknya pemegang saham.

Sedangkan perusahaan kecil selalu punya keuntungan untuk membuat keputusan cepat. Mereka lebih bebas mengubah model bisnis mereka sesuai dengan tren terbaru.

Penutup

Kunci utama tetap Inovasi

Anda bisa mempelajari bagai mana perusahaan-perusahaan besar terdahulu tutup di era sekarang.  Padahal seharusnya mereka menjadi raja di era sekarang, karena secara tidak langsung mereka sudah punya nama dan pamor lebih dulu ketimbang startup kecil baru.

Contoh salah satunya adalah, karena mereka sulit untuk melakukan perubahan, sulit terbuka, dan masih kolot. Hal ini sudah terbaca sebelumnya oleh startup baru, maka tak heran startup baru dapat berkembang lebih cepat Jika Anda memiliki keraguan tentang bisnis kecil Anda dalam skema hal-hal yang lebih besar.


Tenang dulu, ambil napas. Usaha kecil pasti terus meningkat, dan ini diproyeksikan akan semakin populer di tahun-tahun mendatang. Pasalnya Generasi melenial tertarik pada usaha kecil lokal, lihat saja sekarang banyak sekali brand-brand lokal yang mampu bersaing dengan brand internasional, hal ini karena Generasi milineal mendukung produk lokal.

Dengan tetap berinovasi dan mengikuti perubahan zaman, bisnis kecil Anda dapat kesempatan untuk melangkah menjadi lebih besar susuai rencana dan harapan Anda.

Semoga Artikel ini bermanfaat

Terima kasih.


Default image
Larue
Penulis Tetap di Beritapreneur.com

You cannot copy content of this page