7 Tips Mengelola Keuangan agar Bisnis Berjalan Lancar


tips mengelola keuangan

Tips mengelola keuangan sangat diperlukan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Bisa dibilang jika manajemen keuangan menjadi jantung dari bisnis sehingga Anda harus memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan di perusahaan.

Melihat betapa pentingnya bagian ini untuk kemajuan perusahaan, perusahaan tentu harus memiliki pegawai yang menguasai bidang tersebut. Namun, ada kalanya Anda harus mengasah kemampuan tersebut jika belum memiliki karyawan.

Setiap pengusaha sukses pasti mengawalinya bisnisnya dari awal atau dari bawah. Itulah mengapa Anda tetap membutuhkan kemampuan untuk mengelola keuangan agar bisnis berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan menjanjikan.


Cloud Hosting Indonesia

Tips Mengelola Keuangan dengan Tepat

Menjalankan bisnis bukanlah perkara mudah karena ada berbagai aspek yang harus kita perhatikan agar bisnis berjalan dengan lancar. Salah satu aspek dalam bisnis yang tidak boleh kita lewatkan adalah bagaimana cara mengelola keuangan.

Kemampuan mengelola keuangan dalam bisnis tidak bisa datang begitu saja karena Anda harus senantiasa mengasahnya. Bagi Anda yang ingin belajar mengelola keuangan, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

1. Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

tips mengelola keuangan

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah menggunakan rekening yang sama. Padahal, langkah ini akan membuat kita kesulitan untuk melihat berapa modal yang sudah digunakan hingga keuntungan yang telah didapatkan. Baca juga: 4 strategi melunasi hutang

Tips mengelola keuangan yang harus Anda lakukan adalah dengan memisahkan antara rekening pribadi dan rekening bisnis. Jika Anda hanya memiliki satu rekening saja, maka bukalah satu rekening lagi khusus untuk bisnis yang Anda jalankan.

2. Membuat Perencanaan secara Umum

tips mengelola keuangan

Bukan hanya memisahkan rekening, tapi Anda juga harus memiliki perencanaan secara umum agar setiap kebijakan dan langkah berjalan menuju tujuan perusahaan. Perencanaan ini meliputi program jangka panjang maupun jangka pendek.

Anda harus membuat perhitungan mendetail tentang dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana tersebut. Perhatikan juga waktu yang dibutuhkan agar rencana itu terlaksana sehingga setiap langkah sudah sesuai dengan perencanaan.


3. Membuat Perencanaan Pendapatan

tips mengelola keuangan

Perencanaan secara umum memang penting untuk membuat bisnis berjalan sesuai tujuan, tapi Anda juga harus membuat perencanaan pendapatan. Sebelumnya, Anda memiliki kebutuhan modal yang sudah direncanakan dalam membangun bisnis.

Tips mengelola keuangan ini mengharuskan Anda membuat rencana bagaimana usaha menghasilkan keuntungan. Selain itu, perhatikan juga rencana produk yang akan dijual, target penjualan, hingga strategi yang akan dilakukan.

4. Membuat Catatan Proyeksi Arus Kas

tips mengelola keuangan

Anda juga bisa mengelola keuangan bisnis dengan lancar saat melakukan pengawasan arus kas. Pengawasan ini tidak perlu dilakukan setiap kali, tapi harus dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut.

Tidak mudah untuk melakukan pengawasan dari catatan proyeksi arus kas ini sehingga ada beberapa hal yang harus diperlakukan. Misalnya saja, tentang kapan menerima uang, kapan mengeluarkan uang hingga jumlah cash yang dimiliki.

5. Membuat Anggaran secara Rutin

tips mengelola keuangan

Setiap perusahaan harus memiliki anggaran sebagai batasan dalam menggunakan dana sehingga lebih efisien. Besaran anggaran untuk setiap kebutuhan bisa disesuaikan dengan perusahaan agar menghasilkan kinerja yang efektif.

Tips mengelola keuangan melalui anggaran berguna untuk membatasi pengeluaran sesuai koridor yang sudah direncanakan sehingga tidak ada pengeluaran yang menggembung. Penetapan anggaran juga harus masuk akal dan sesuai kebutuhan.

6. Memisahkan Akunting dengan Kasir

tips mengelola keuangan

Dalam bisnis, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah akunting dan kasir. Kedua posisi atau jabatan tersebut tentu harus dipisahkan agar setiap tanggung jawab yang dimiliki dapat terlaksana dengan baik dan mengurangi potensi terjadinya kesalahan.

Laporan seharusnya dibuat oleh akunting, bukan kasir karena tanggung jawab kedua posisi ini berbeda. Untuk mengurangi potensi memanipulasi laporan maka diperlukan akunting dan kasir dengan karyawan yang berbeda.


7. Mengembangkan Usaha dengan Laba

tips mengelola keuangan

Dalam menjalankan bisnis tentu kita ingin mendapatkan keuntungan atau laba sehingga perlu adanya pengelolaan keuangan yang baik. Keuntungan yang didapatkan seharusnya tidak dihabiskan begitu saja untuk hal-hal komsumtif. Baca juga: Tips agar bisnis Anda semakin berkembang

Apabila bisnis yang Anda jalankan sudah menghasilkan laba yang menjanjikan, tidak ada salahnya untuk menggunakan laba tersebut dengan bijak. Misalnya dengan menambah stok produk, menambah cabang bisnis dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses, kemampuan mengelola keuangan menjadi kemampuan wajib yang harus dimiliki. Beberapa tips mengelola keuangan di atas bisa menjadi latihan untuk menjadi pengusaha yang sukses.


Default image
Ayyi
a man with hoodie

You cannot copy content of this page