Tujuan Manajemen Keuangan yang Penting untuk Perusahaan


tujuan manajemen keuangan
tujuan manajemen keuangan

Tujuan manajemen keuangan menjadi acuan bagi perusahaan dalam mengelola keuangannya agar berjalan sesuai rencana. Kondisi keuangan perusahaan sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan bisnis yang dijalankan perusahaan itu.

Tujuan perusahaan dalam bisnis adalah mendapatkan keuntungan, tapi terkadang perusahaan bisa merasakan kerugian jika memang kondisi sedang tidak bersahabat. Di sinilah pentingnya manajemen keuangan perusahaan sebagai maintanance.

Sekarang ada banyak strategi manajemen keuangan yang bisa dicoba untuk kebutuhan perusahaan Anda. Namun, sebelum mengetahui strategi yang tepat ada baiknya untuk memahami apa saja tujuan dari manajemen keuangan di perusahaan.


Tujuan Manajemen Keuangan Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki visi dan misi berbeda-beda sehingga akan memengaruhi tujuan bisnis yang dijalankan. Banyak aspek yang harus diperhatikan agar perusahaan berjalan dengan lancar dan mampu mendatangkan keuntungan.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah manajemen keuangan agar dana yang dimiliki bisa dimaksimalkan. Manajemen keuangan dapat dikelola dengan baik jika sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Dari sinilah kita harus tahu apa saja tujuan dari manajemen keuangan untuk perusahaan. Artikel ini akan membahas tentang tujuan dari manajemen keuangan, mulai dari memaksimalkan keuntungan hingga menegakkan kedisiplinan keuangan.

1. Memaksimalkan Keuntungan

tujuan manajemen keuangan adalah memaksimalkan keuntungan
memaksimalkan keuntungan

Tujuan manajemen keuangan yang pertama adalah memaksimalkan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Artinya, semua keputusan finansial dan tindakan yang diambil akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan keuangan secara efektif.

Baca juga: tips atur keuangan di masa pandemi

Perusahaan harus memilih proyek yang menghasilkan, aset yang tepat dan memastikan setiap aktivitas bisnis akan memberikan keuntungan. Tanggung jawab ini biasanya dimiliki oleh manajer keuangan dan pengawas keuangan perusahaan.

Cloud Hosting Indonesia

2. Memaksimalkan Nilai

tujuan manajemen keuangan

Selain memaksimalkan keuntungan, manajemen keuangan juga bertujuan untuk memaksimalkan nilai yang sama dengan total nilai pasar utang perusahaan dan nilai pasar ekuitas.


Hosting Unlimited Indonesia

Fokus utama dari tujuan ini adalah memaksimalkan harga pasar saham perusahaan sehingga dianggap lebih superior daripada tujuan memaksimalkan keuntungan. Hal ini dikarenakan memaksimalkan nilai memiliki manfaat yang lebih banyak.

Apabila nilai perusahaan sudah berada di atas, maka keuntungan yang didapatkan akan mengikut. Itulah mengapa banyak perusahaan yang lebih fokus pada memaksimalkan nilai perusahaan terlebih dahulu dibanding mengejar keuntungan.

3. Menjaga Kelancaran Arus Kas

menjaga kelancaran arus kas

Menjaga kelancaran arus kas merupakan tujuan jangka pendek yang harus diperhatikan. Tujuan manajemen keuangan ini berguna untuk memenuhi biaya perusahaan dalam sehari-hari, seperti membayar sewa gedung hingga gaji pegawai.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika arus kas berjalan lancar, misalnya mampu membeli bahan baku dalam jumlah besar. Selain itu, perusahaan juga bisa bertahan lebih lama dan mampu melewati masa kritis dengan lebih baik.

4. Kemampuan Perusahaan untuk Bertahan

kemampuan perusahaan untuk bertahan

Setiap perusahaan harus mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Manajemen keuangan bertujuan untuk mempertahankan perusahaan di dunia yang sangat kompetitif dan dinamis tanpa khawatir akan tersingkirkan.

Tanggung jawab ini harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti oleh manajer keuangan saat kondisi tidak stabil hingga memengaruhi kestabilan sistem ekonomi. Kesalahan dalam mengambil keputusan tentang keuangan maka berakibat fatal.

5. Mengumpulkan Dana Cadangan

mengumpulkan dana cadangan

Perusahaan harus punya dana cadangan untuk menjaga kestabilan keuangan. Itulah mengapa salah satu tujuan manajemen keuangan adalah mengumpulkan dana cadangan bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan darurat saat kondisi sulit.

Keuntungan yang didapatkan perusahaan tidak harus dibagikan semua ke pemegang saham, tapi harus ada sebagian yang digunakan sebagai cadangan. Dana ini nantinya bisa berguna untuk melakukan ekspansi dan melakukan pengembangan bisnis.


Jadi, Anda harus melakukan perhitungan dengan tepat sehingga bisa mengalokasikan dana dengan tepat, baik untuk dibagi pada pemegang saham maupun dana cadangan. Dengan begitu, dana cadangan akan terkumpul dan bisa digunakan.

6. Kedisiplinan Keuangan

kedisiplinan keuangan

Manajemen keuangan juga memiliki tujuan untuk menciptakan kedisiplinan keuangan. Ada dua pengertian tentang kedisiplinan keuangan, yaitu melakukan investasi pada area produktif agar keuntungan sebesar-besarnya bisa didapatkan.

Baca juga: Kunci kesuksesan lakukan hal ini

Pengertian kedua adalah untuk mencegah pemborosan dana dan mencegah penyalahgunaan dana. Kedisiplinan keuangan ini tidak bisa didapatkan dalam sekali waktu saja, tapi harus dilatih dalam waktu yang cukup lama.

Bagi Anda yang ingin memiliki kondisi keuangan stabil, maka harus memahami bagaimana cara mengelolanya dengan baik. Dengan mengetahui tujuan manajemen keuangan, maka kita bisa mengambil langkah dan kebijakan dengan tepat.

Hosting Unlimited Indonesia
Cloud Hosting Indonesia

Default image
Shabira

You cannot copy content of this page